Banner Java

Contoh Program Java: Perkalian Nilai Integer

Di artikel Konversi Data Dari String Ke Tipe-Tipe Numerik, Anda diperkenalkan pada bagaimana mengkonversi tipe String (string numerik) hasil pengembalian metoda showInputDialog ke tipe-tipe numerik (int, double, byte, short, long dan float). Nilai string numerik tidak dapat digunakan dalam operasi aritmatika. Agar operasi aritmatika dapat dieksekusi, nilai string numerik terlebih dahulu harus dirubah ke dalam nilai numerik. Java menyediakan kelas bersesuaian yang didalamnya memiliki metoda untuk mengkonversi nilai string numerik ke nilai numerik seperti kelas Integer, Double, Byte, Short, Long dan Float.

Berikut ini adalah contoh program perkalian tiga nilai integer. Masing-masing nilai integer yang dikalikan, diinput oleh pengguna aplikasi melalui kotak dialog input saat program aplikasi dijalankan. Anda terlebih dahulu harus memastikan bahwa nilai yang dimasukkan ke kotak dialog adalah nilai string integer sebelum menekan tombol OK. Berikut ini adalah listing program dan hasil eksekusinya:

// Nama file : PerkalianTigaInteger
// Mengalikan tiga nilai integer

// Mengimpor kelas JOptionPane
import javax.swing.JOptionPane;

// Deklarasi kelas PerkalianTigaInteger
public class PerkalianTigaInteger {

   // Deklarasi method main
   public static void main(String[] args) {

      // Deklarasi variabel dan memberi nilai awal
      int nilai1 = 0, nilai2 = 0, nilai3 = 0, hasil = 0;

      // Deklarasi variabel string
      String strNilai1, strNilai2, strNilai3;

      // Input nilai1 dan konversi ke tipe data integer
      strNilai1 = JOptionPane.showInputDialog(null, "Masukkan nilai integer pertama",
         "Perkalian Tiga Integer", JOptionPane.QUESTION_MESSAGE);
      nilai1 = Integer.parseInt(strNilai1);

      // Input nilai2 dan konversi ke tipe data integer
      strNilai2 = JOptionPane.showInputDialog(null, "Masukkan nilai integer kedua",
         "Perkalian Tiga Integer", JOptionPane.QUESTION_MESSAGE);
      nilai2 = Integer.parseInt(strNilai2);

      // Input nilai3 dan konversi ke tipe data integer
      strNilai3 = JOptionPane.showInputDialog(null, "Masukkan nilai integer ketiga",
         "Perkalian Tiga Integer", JOptionPane.QUESTION_MESSAGE);
      nilai3 = Integer.parseInt(strNilai3);

      // Mengalikan tiga nilai numerik integer
      hasil = nilai1 * nilai2 * nilai3;

      // Menampilkan hasil
      JOptionPane.showMessageDialog(null, "Nilai integer pertama : " + nilai1 +
         "\nNilai integer kedua : " + nilai2 + "\nNilai integer ketiga : " + nilai3 +
         "\nHasil perkalian tiga nilai integer : " + hasil, "Perkalian Tiga Integer",
         JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);

      // Mengakhiri program GUI
      System.exit(0);
   }
}

Baris nomor 14 adalah deklarasi variabel nilai1, nilai2, nilai3 dan hasil. Variabel-variabel tersebut mempunyai tipe data sama yaitu int, sehingga deklarasinya dapat dilakukan sekaligus. Baris nomor 17 adalah deklarasi variabel strNilai1, strNilai2 dan strNilai3. Variabel ini digunakan untuk menerima string numerik integer yang dikembalikan oleh metode showInputDialog sebelum dirubah ke numerik integer. Baris nomor 20, 25 dan 30 adalah pernyataan untuk menampilkan kotak dialog input yang digunakan untuk penginputan data. Metode showInputDialog kelas JOptionPane mengembalikan nilai string numerik integer yang telah diinput oleh pengguna aplikasi ke variabel strNilai1, strNilai2 dan strnilai3.

Di baris nomor 22, 27 dan 32, nilai string numerik yang tersimpan di variabel strNilai1, strNilai2 dan strNilai3 dirubah ke nilai numerik integer dan kemudian disimpan berturut-turut ke variabel nilai1, nilai2 dan nilai3. Nilai yang sudah dirubah kemudian digunakan di dalam operasi perkalian (baris nomor 35) dan hasil dari operasi kemudian disimpan ke variabel hasil. Baris nomor 38 menampilkan nilai yang telah diinput dan hasil perkalian di kotak dialog pesan.

Contoh program Java perkalian nilai integer

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.