Pin It

Di artikel Konversi Data Dari String Ke Tipe-Tipe Numerik, Anda diperkenalkan pada bagaimana mengkonversi tipe String (string numerik) yang dikembalikan oleh metoda showInputDialog ke tipe-tipe numerik (int, double, byte, short, long dan float). Nilai string numerik tidak dapat digunakan dalam operasi aritmatika. Agar operasi aritmatika dapat dieksekusi, nilai string numerik terlebih dahulu harus dirubah ke dalam nilai numerik. Java menyediakan kelas bersesuaian yang didalamnya memiliki metoda untuk mengkonversi nilai string numerik ke nilai numerik seperti kelas Integer, Double, Byte, Short, Long dan Float.

Berikut ini adalah contoh program sederhana untuk menentukan apakah nilai numerik yang diinput oleh pengguna aplikasi melalui kotak dialog input bernilai positif atau negatif. Apabila nilai dari variabel nilai adalah lebih kecil dari 0 (negatif), maka variabel blnNilai bernilai boolean true, apabila sebaliknya, akan bernilai boolean false. Berikut ini adalah listing kode program dan hasil eksekusinya:

// Nama file : TrueAtauFalse
// Menentukan apakah nilai numerik positif atau negatif

// Mengimpor kelas JOptionPane
import javax.swing.JOptionPane;

// Deklarasi kelas TrueAtauFalse
public class TrueAtauFalse {
   public static void main(String[] args) {

      // Deklarasi variabel
      double nilai = 0;
      String strNilai;
      boolean blnNilai = false;

      strNilai = JOptionPane.showInputDialog(null, "Masukkan nilai numerik",
         "True Atau False ?", JOptionPane.QUESTION_MESSAGE);

      nilai = Double.parseDouble(strNilai);
   
      // Menentukan apakah suatu nilai positif atau negatif
      blnNilai = nilai < 0;

      // Menampilkan hasil
      JOptionPane.showMessageDialog(null, "Nilai " + nilai +
         " adalah negatif ? : " + blnNilai, "True Atau False?",
         JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);

      // Mengakiri program GUI
      System.exit(0);
   }
}

Baris nomor 12, 13 dan 14 adalah deklarasi variabel nilai, strNilai dan blnNilai. strNilai digunakan untuk menerima nilai string numerik yang dikembalikan (return) oleh metoda showInputDialog dari kelas JOptionPane. Variabel nilai digunakan untuk menerima nilai hasil konversi dari string numerik ke nilai numerik (baris nomor 19). Baris nomor 22 adalah comparison statement yaitu membandingkan antara nilai di variabel nilai dengan integer 0. Hasil perbandingan akan menghasilkan nilai boolean. Apabila nilai di variabel nilai lebih kecil dari integer 0, maka akan dihasilkan nilai boolean true, jika sama atau lebih besar dari 0, akan dihasilkan nilai boolean false. Nilai boolean ini kemudian disimpan di variabel blnNilai.