Pin It

Kelas JButton merupakan merupakan salah satu komponen swing yang terletak di paket javax.swing. Komponen button hanya dapat memicu action event (event dari kelas ActionEvent) dan tidak dapat memicu event item (event dari kelas ItemEvent) seperti komponen check box (kelas JCheckBox) dan radio button (kelas JRadioButton). Kelas JButton merupakan kelas turunan dari kelas AbstractButton yang terletak di paket javax.swing. Di beberapa contoh program sebelumnya, seperti di artikel Memahami Cara Menangani Aksi (Event) Di Pemrograman Java dan Penanganan ActionEvent Di Java (actionPerformed), telah digunakan kelas JButton untuk memicu action event dan bagaimana event tersebut ditangani. Di beberapa artikel yang terkait dengan kelas JButton, hanya akan diperkenalkan atau disinggung penggunaan beberapa metoda yang diwarisi dari kelas AbstractButton.

Metoda-metoda yang dimiliki kelas JButton merupakan metoda turunan dari kelas AbstractButton. Metoda isSelected yang dipanggil melalui obyek check box (baca artikel Contoh Program Kelas JCheckBox: Merubah Tampilan Teks Di Label) merupakan salah satunya. Karena kelas JCheckBox adalah juga turunan dari kelas AbstractButton, maka  metoda tersebut dapat dipanggil melalui obyek (instance) dari kelas JCheckBox. Dibatasi hanya sampai pada superclass JComponent, hirarkhi turunan dari kelas JButton adalah sebagai berikut:

Kelas JButton memiliki lima buah konstruktor untuk mengkonstruksi obyek button secara berbeda. Empat dari lima konstruktor kelas JButton yang paling sering digunakan terdapat dalam tabel berikut ini.

Konstruktor Kelas JButton
Konstruktor Keterangan
JButton() Mengkonstruksi obyek button tanpa teks dan ikon.
JButton(Icon icon) Mengkonstruksi obyek button dengan ikon.
JButton(String text) Mengkonstruksi obyek button dengan teks.
JButton(String text, Icon icon) Mengkonstruksi obyek button dengan teks dan ikon.

Baca artikel terkait lainnya: