Banner Java

Contoh Program Kelas JButton: Membuat Tombol Berisi Teks Dan Ikon

Untuk membuat obyek button (obyek tombol), Anda dapat menggunakan kelas JButton. Untuk mendekorasi obyek tombol yang memiliki teks atau ikon, Anda dapat menggunakan konstruktor terakhir di tabel dari artikel Mengenal Kelas JButton Di Java. Contoh program berikut ini akan membuat dua obyek button dengan teks dan ikon yang kemudian akan diletakkan di panel (obyek dari kelas JPanel). Berikut ini adalah kode program dan hasil eksekusinya:

// Nama file : ButtonTextIcon.java
// Membuat obyek button (tombol) dengan teks dan icon

// Mengimpor kelas
import javax.swing.*;
import java.awt.*;

// Deklarasi kelas
public class ButtonTextIcon extends JFrame {

   public ButtonTextIcon() {
      // Mengakses icon
      Icon iconBack = new ImageIcon("C:\\filejava\\javaapp\\image\\back.png");
      Icon iconNext = new ImageIcon("C:\\filejava\\javaapp\\image\\next.png");

      // Membuat obyek button dan metetakkannya di panel
      JButton tombolBack = new JButton("Back", iconBack);
      JButton tombolNext = new JButton("Next", iconNext);

      getContentPane().setLayout(new GridLayout(1, 2));
      getContentPane().add(tombolBack);
      getContentPane().add(tombolNext);
   }

   // Metoda main
   public static void main(String[] args) {
      ButtonTextIcon frame = new ButtonTextIcon();
      frame.setTitle("Kelas ButtonTextIcon");
      frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
      frame.setSize(230, 100);
      frame.setVisible(true);
   }
}

Ikon adalah gambar kecil berukuran tetap dan digunakan untuk mendekorasi atau memperindah komponen. javax.swing.Icon adalah interface dan digunakan sebagai tipe kelas dari obyek kelas turunannya, sedangkan untuk membuat image, digunakan kelas konkrit javax.swing.ImageIcon. Di kode program baris nomor 13 dan 14, kelas ImageIcon menggunakan path absolut untuk menunjuk ke lokasi image yang akan digunakan di program. Anda dapat menggunakan kelas java.lang.URL untuk menunjuk ke lokasi sumber daya (file) yang akan digunakan. Di artikel Menunjuk Lokasi Image Menggunakan Kelas URL, akan dijelaskan bagaimana menggunakan kelas java.lang.URL untuk menunjuk lokasi image atau sumber daya (resources) yang lain.

Contoh program kelas JButton

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.