Kelas java.net.URL dapat digunakan untuk menunjuk ke sumber daya (resources) seperti image, ikon atau kelas yang akan digunakan di dalam program. Kelas URL memiliki enam konstruktor. Untuk membuat obyek dari kelas URL, Anda dapat menggunakan salah satu konstruktor di bawah ini.

   // Membuat obyek URL dari perwakilan string
   URL(String spec)

Pernyataan baris nomor 13 di contoh program dari artikel Contoh Program Java Kelas JButton: Membuat Tombol Berisi Teks Dan Ikon, dapat ditulis ulang menggunakan kelas URL sebagai berikut:

   URL urlBack = new URL(("c:\\filejava\\javaapp\\image\\back.png");
   Icon iconBack = new ImageIcon(urlBack);
   JButton tombolBack = new JButton(“Back”, iconBack);

Sistem operasi Windows menggunakan “\\” untuk mengacu ke path absolut, sedangkan UNIX menggunakan “/”. Path absolut mempunyai beberapa kelemahan diantaranya tergantung pada platform yang digunakan dan apabila lokasi file berubah tanpa disertai perubahan path, maka path tidak lagi menunjuk ke sumber daya (file) lagi. Untuk mengatasi permasalah tersebut, Anda dapat membuat obyek URL melalui meta-object kelas dengan terlebih dahulu menentukan direktori kelas dan memodifikasi CLASSPATH.

Image yang digunakan di contoh program Java tersebut dan juga beberapa image lain terletak atau berada di direktori c:\filejava\javaapp\image. Sebagai contoh, c:\filejava\javaapp merupakan direktori kelas (class directory), agar Java mengetahui lokasi image di dalam file system, Anda harus memodifikasi nilai variabel CLASSPATH di kotak dialok Edit System Variable. Anda dapat menambahkan direktori kelas tersebut dengan didahului oleh tanda titik koma (;) apabila nilai variabel CLASSPATH telah terisi direktori kelas lain yang berbeda.

Edit system variable

Untuk membuat obyek URL melalui meta-object kelas, Anda dapat memodifikasi pernyataan di atas sebagai berikut:

   Class metaObject = this.getClass();
   URL urlBack = metaObject.getResource(“image/back.png”);
   Icon iconBack = new ImageIcon(urlBack);
   JButton tombolBack = new JButton(“Back”, iconBack);

Pernyataan pertama di atas menghasilkan sebuah obyek yang berisi informasi tentang kelas yang disebut dengan meta-object. Obyek tersebut termasuk obyek dari kelas java.lang.Class. Selain informasi yang berkaitan dengan kelas, obyek juga berisi metoda getResource(filename) yang dapat digunakan untuk memperoleh URL dari nama file di dalam direktori kelas (class directory).