Banner Java

Mengenal Kelas JLabel Di Java

Kelas JLabel merupakan komponen grafis untuk menampilkan teks-teks pendek yang tidak dapat diedit, image atau keduanya. JLabel berfungsi memberikan keterangan pada komponen Java lain (umumnya obyek dari kelas JTextField). Dengan menggunakan tag HTML, Anda dapat membuat label untuk menampilkan teks menjadi beberapa baris serta dapat memberi warna berbeda pada sebagian teks sebagaimana pada komponen kelas JButton (baca artikel Mendekorasi Label Di Obyek Button (Kelas JButton)). Label mempunyai latar belakang yang transparan sehingga dapat menyesuikan dengan latar belakang container classes dimana label diletakkan. Penggunaan metoda setBackground tidak memberikan dampak perubahan warna pada latar belakang label. Dibatasi hanya sampai pada superclass JComponent, hirarkhi turunan kelas JLabel adalah sebagai berikut:

Hirarki turunan kelas JLabel

Kelas JLabel mempunyai enam buah kontruktor untuk mengkonstruksi obyek label. Berikut ini adalah tabel daftar konstruktor kelas JLabel.

Konstruktor Kelas JLabel
Konstruktor Keterangan
JLabel() Mengkonstruksi obyek label tanpa teks dan ikon.
JLabel(String text) Mengkonstruksi obyek label dengan teks.
JLabel(String teks, int hAlignment) Mengkonstruksi obyek label dengan teks serta menentukan penjajaran secara horisontal.
JLabel(Icon icon) Mengkontruksi obyek label dengan ikon.
JLabel(Icon icon, int hAlignment) Mengkonstruksi obyek label dengan ikon serta menentukan penjajaran secara horisontal.
JLabel(String teks, Icon icon, int hAligment) Mengkonstruksi obyek label dengan teks dan ikon serta menentukan penjajaran secara horisontal.

Kelas JLabel mempunyai banyak metoda, termasuk di sini adalah metoda yang diwarisi dari kelas JComponent. Berikut ini adalah tabel beberapa metoda dari kelas JLabel yang sering digunakan di dalam program:

Metoda Kelas JLabel
Metoda Keterangan
getText() Mengembalikan teks label.
setText(String text) Mengatur kembali teks label.
getIcon() Mengembalikan ikon gambar label.
setIcon(Icon icon) Mengatur kembali ikon gambar label.
setHorizontalAlignment(int hAlignment) Mengatur penjajaran secara horisontal.
setVerticalAlignment(int vAlignment) Mengatur penjajaran secara vertikal.
setHorizontalTextPosition(int textHPos) Mengatur posisi teks label secara horisontal.
setVerticalTextPosition(int text Mengatur posisi teks label secara vertikal.
setIconTextGap() Mengatur celah antara teks dan ikon di label.
getIconTextGap(int iconTextGap) Mengembalikan nilai int yang merepresentasikan celah antara teks dan ikon di label.
setDisplayedMnemonic(int Key) Menentukan sebuah kode kunci sebagai karakter mnemonic.
setLabelFor(Component c) Menentukan komponen yang akan terikat oleh label.

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.