Banner Java

Mengenal Kelas JTextField Di Java

Kelas JTextField digunakan sebagai salah satu obyek untuk memasukkan atau menampilkan string. JTextField adalah area baris tunggal (sigle-line area) dimana melalui obyek text field, pengguna program dapat memasukkan string melalui keyboard atau program dapat menampilkan string. Kelas JTextField merupakan turunan dari kelas JTextComponent sehingga metoda dari kelas tersebut juga dapat dipanggil atau digunakan oleh kelas JTextField.

Beberapa metoda penting dari kelas JTextComponent yang diturunkan ke kelas-kelas dibawahnya (termasuk JTextField) antara lain adalah metoda getText(), setText(String text) dan setEditable(boolean bValue). Dengan memberi nilai boolean false pada metoda setEditable, string yang terdapat di obyek text field (obyek kelas JTextField) tidak dapat dirubah (diproteksi). Dibatasi hanya sampai pada superclass JComponent, hirarkhi turunan kelas JTextField adalah sebagai berikut:

hirarkhi turunan kelas JTextField

Kelas JTextField mempunyai beberapa konstruktor. Beberapa diantaranya yang sering digunakan adalah sebagai berikut:

Konstruktor Kelas JTextField
Konstruktor Keterangan
JTextField() Mengkonstruksi obyek dengan teks kosong.
JTextField(int column) Mengkonstruksi obyek dengan teks kosong dan jumlah kolom ditentukan oleh parameter columns.
JTextField(String text) Mengkonstruksi obyek dengan teks ditentukan oleh nilai parameter text.
JTextField(String text, int columns) Mengkonstruksi obyek dengan teks ditentukan oleh nilai parameter text dan jumlah kolom oleh nilai parameter columns.

Kebanyakan metoda yang digunakan di kelas JTextField adalah metoda turunan dari kelas atasnya (superclass atau parent class). Beberapa metoda kelas JTextField sendiri yang banyak digunakan adalah setHorizontalAlignment(int hAlignment) untuk menentukan posisi teks apakah rata kiri, tengah atau kanan dan setCoulums(int coulums) untuk mengatur ulang jumlah kolom di dalam obyek text field.

Baca artikel terkait lainnya

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.