Kelas JColorChooser merupakan kelas Java yang digunakan untuk memanipulasi dan memilih warna. JColorChooser dapat digunakan dalam dua alternatif pilihan. Pertama, Anda dapat menggunakan kelas tersebut sebagai kotak dialog yang akan menampilkan pilihan warna. Untuk maksud tersebut, Anda perlu menggunakan metoda statik showDialog. Kedua, Anda menggunakan kelas JColorChooser sebagai komponen sebagaimana komponen Java lainnya yang dapat diletakkan di kelas-kelas wadah (container classes) seperti JLabel, JApplet, JFrame dan lain sebagainya. JColorChooser mempunyai tiga buah tab yaitu Swatches, HSB dan RGB. Dibatasi hanya sampai pada superclass JComponent, berikut ini adalah hirarkhi turunan kelas JColorChooser:

Hirarki kelas JColorChooser

Kelas JColorChooser merupakan kelas turunan (derivatif) dari superclass JComponent. Kelas JColorChooser mempunya tiga buah konstruktor dan memiliki banyak metoda, selain juga metoda warisan dari kelas JComponent. Berikut ini adalah tabel beberapa konstruktor dan metoda kelas JColorChooser yang sering digunakan:

Konstruktor Kelas JColorChooser
Konstruktor Keterangan
JColorChooser() Mengkonstruksi obyek color chooser dengan warna awal putih.
JColorChooser(Color initialColor) Mengkonstruksi obyek color chooser dengan warna ditentukan oleh argumen dari parameter initialColor.

Metoda Kelas JColorChooser
Metoda Keterangan
setColor(Color color) Mengatur kembali warna dari obyek color chooser ke warna tertentu
setColor(int r, int g, int b) Mengatur kembali warna dari obyek color chooser ke warna RGB tertentu.
getColor() Mendapatkan nilai warna dari obyek color chooser.
setPreviewPanel(JComponen preview) Mengatur ulang panel tinjauan saat ini
getSelectionModel() Mengembalikan model data yang menangani pemilihan warna.
showDialog(Component component, String title, Color initialcolor) Menampilkan kotak dialog pilihan warna dan membatasi akses ke jendela lainnya.