Banner Java

Mengenal Kelas JSlider Di Pemrograman Java

Anda dapat menggunakan beberapa kelas yang diprogram untuk dapat menyediakan nilai dengan rentang tertentu dan kemudian memilihnya. Kelas-kelas Java yang digunakan untuk maksud tersebut adalah JSpiner, JComboBox, JListBox atau JSlider. Di artikel kali ini, Anda akan dikenalkan pada kelas JSlider. JSlider adalah komponen grafis berbentuk batang kecil memanjang yang dapat menyediakan rentang nilai tertentu untuk dapat dipilih. Untuk merubah nilai yang diinginkan, Anda dapat menggeser knob (tombol atau pegangan) yang ada di obyek slider ke posisi tertentu. Dibatasi hanya sampai pada superclass JComponent, hirarkhi turunan kelas JSlider adalah sebagai berikut:

Hirarki turunan kelas JSlider

Kelas JSlider mempunyai enam konstruktor dan banyak metoda diluar metoda yang diwarisi dari kelas di atasnya (parent class). Berikut ini adalah daftar beberapa konstruktor dan metoda kelas JSlider yang sering digunakan:

Konstruktor Kelas JSlider
Konstruktor Keterangan
JSlider() Membuat obyek slider horisontal dengan rentang nilai 0 – 100 dengan nilai awal 50.
JSlider(int orientation) Membuat obyek slider dengan orientasi ditentukan oleh nilai parameter orientation, dengan rentang nilai 0 – 100 dan nilai awal 50.
JSlider(int min, int max) Membuat obyek slider dengan rentang nilai ditentukan oleh nilai parameter min dan max dan nilai awal sama dengan nilai rata-rata min + max.
JSlider(int min, int max, int value) Membuat obyek slider dengan menentukan nilai min, max dan value.
JSlider(int orientation, int min, int max, int value) Membuat obyek slider dengan menentukan nilai orientation, min, max dan value.

Anda dapat menentukan orientasi obyek JSlider dengan menggunakan salah satu dari dua konstanta bernilai integer yaitu SwingConstants.VERTICAL dan SwingConstant.HORIZONTAL.

Metoda Kelas JSlider
Metoda Keterangan
setMinimum(int min) Mengatur ulang batas nilai minimum dari obyek slider.
getMinimum() Mengembalikan nilai minimum dari obyek slider.
setMaximum(int max) Mengatur ulang batas nilai maksimum dari obyek slider.
getMaximum() Mengembalikan nilai maksimum dari obyek slider.
setValue(int value) Mengatur ulang nilai saat ini dari obyek slider.
getValue() Mengembalikan nilai saat ini dari obyek slider.
setOrientation(int orientation) Mengatur ulang orientasi obyek slider ke salah satu dari nilai konstata integer yaitu VERTICAL atau HORIZONTAL.
getOrientation() Mengembalikan nilai orientasi VERTICAL atau HORIZONTAL dari obyek slider.
setMajorTickSpacing(int n) Mengatur ulang spasi tanda mayor
setMinorTickSpacing(int n) Mengatur ulang spasi tanda minor
setPaintTick(boolean b) Menentukan apakah tanda spasi mayor dan minor ditampilkan di obyek slider.
setPaintLabels(boolean b) Menentukan apakah label akan ditampilkan di obyek slider.
setLabelTable(Dictionary labels) Menentukan label apa yang akan ditampilkan pada nilai tertentu yang diberikan.

Untuk dapat menampilkan label di posisi tertentu di obyek slider, Anda terlebih dahulu harus membuat hash table. Label-label di posisi integer tertentu dapat dibuat dengan menggunakan metoda put dari kelas Hashtable. Label-label kemudian ditampilkan di obyek slider dengan menggunakan metoda setLabelTable dengan argumen berupa obyek (atau variabel acuan) yang mengacu ke obyek dari kelas Hashtable. Di bawah ini adalah contoh penggunaan kelas Hashtable.

   JSlider slider = new JSlider(0, 20, 15);
   Hashtable<Integer, JLabel> tabelLabel = new Hashtable<Integer, JTable>();
   table.put(0, new JLabel(“0”));
   table.put(10, new JLable(“10”));
   table.put(20, new JLabel(“20”));
   slider.setPaintLabels(true);
   slider.setLabelTable(tabelLable);

Sebagaimana telah dijelaskan di materi kelas JLabel (baca artikel Mengenal Kelas JLabel Di Java, Kelas JLabel: Membuat Obyek Label Yang Berisi Teks Dan Ikon), obyek label dapat menampilkan string, image atau keduanya. Anda juga dapat menampilkan gambar (jpg, jpeg, png) di posisi tertentu di obyek slider. Ini merupakan salah satu fleksibilitas Java yang dapat menghasilkan user interface (interfes pengguna) jauh lebih menarik, tentu saja semua itu tergantung kemampuan kreasi Anda.

Baca artikel terkait lainnya

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.