Banner Java

Mengenal Kelas JSplitPane Di Pemrograman Java

Kelas JSplitPane termasuk salah satu dari kelas-kelas wadah (container classes) yang terdapat di paket java.swing. Obyek kelas JSplitPane adalah wadah yang dibagi menjadi dua bagian dan dipisah oleh sebuah garis (devider). Garis tersebut membagi wadah menjadi dua bagian secara horisontal atau vertikal sebagai tempat meletakkan komponen. Garis pembagi dapat digeser untuk mengatur ulang ruang bagi komponen yang telah diletakkan.

Kelas JSplitPane mempunyai lima konstruktor dan banyak metoda untuk mengkonstruksi obyek split pane dan memanipulasi obyek yang dihasilkan. Selain konstruktor dan metoda, kelas JSplitPane juga mempunyai beberapa properti (data field) penting. Dengan mengetahui accessor (metoda get) dan mutator (metoda set), properti kelas tersebut dapat dikenali. Berikut ini adalah dua tabel daftar konstruktor dan metoda yang sering digunakan:

Konstruktor Kelas JSplitPane
Konstruktor Keterangan
JSplitPane() Mengkonstruksi obyek split pane yang dikonfigurasi untuk menyusun komponen secara horisontal tanpa menampilkan komponen dan perubahan tata letak yang berkelanjutan.
JSplitPane(int newOrientation) Mengkonstruksi obyek split pane dengan orientasi tertentu tanpa menampilkan komponen dan perubahan tata letak yang berkelanjutan.
JSplitPane(int newOrientation, boolean newContinuousLayout) Mengkonstruksi obyek split pane dengan orientasi dan tampilan perubahan tata letak tertentu.
JSplitPane(int newOrientation, boolean newContinuousLayout, Component newLeftComponent, Component newRightComponen) Mengkonstruksi obyek split pane dengan orientasi, tampilan perubahan tata letak dan komponen tertentu.
JSplitPane(int newOrientation, Component newLeftComponent, Component newRightComponen) Mengkonstruksi obyek split pane dengan orientasi komponen tertentu tanpa menampilkan komponen dan perubahan tata letak yang berkelanjutan.

Metoda Kelas JSplitPane
Metoda Keterangan
getBottomComponen() Mengembalikan komponen yang terletak di posisi bawah atau kanan dari garis pembatas.
setBottomComponent(Componen comp) Menentukan ulang komponen yang terletah di posisi bawah atau kanan dari garis pembatas.
getTopComponent() Mengembalikan komponen yang terletak di posisi atas atau kiri dari garis pembatas.
setTopComponent(Componen comp) Menentukan ulang komponen yang terletah di posisi atas atau kiri dari garis pembatas.
getLeftComponent() Mengembalikan komponen yang terletak di kiri (atau atas) dari garis pembagi.
setLeftComponen(Component comp) Mengatur ulang komponen yang terletak di kiri (atau atas) dari garis pembagi.
getRightComponent() Mengembalikan komponen yang terletak di kanan (atau bawah) dari garis pembagi.
setRightComponent(Component comp) Mengatur ulang komponen yang terletak di kanan (atau bawah) dari garis pembagi.
getDividerSize() Mengembalikan ukuran dari garis pembagi dalam tipe data int.
setDividerSize(int newSize) Menentukan ulang ukuran dari garis pembagi.
isContinuousLayout() Mengembalikan nilai boolean dari properti ContinuousLayout.
setContinuousLayout(boolean newContinuousLayout) Mengatur ulang nilai properti ContinuousLayout. Bila diisi dengan boolean true, maka komponen dan perubahan tata letak akan ditampilkan secara berkelanjutan.
getOrientation() Mengembalikan orientasi dari obyek split pane.
setOrientation(int newOrientation) Mengatur ulang orientasi dari obyek split pane.
isOneTouchExpandable() Mengembalikan nilai boolean dari properti TouchExpandable.
setOneTouchExpandable(boolean newValue) Mengatur ulang nilai properti TouchExpandable. Bila diberi nilai boolean true, maka garis pembagi akan dapat merentang (expand) dan menyempit (collapse) dengan lebih cepat.
getLastDividerLocation() Mengembalikan nilai int yang mengambarkan lokasi terakhir dari garis pembagi.
setLastDividerLocation(int newLocation) Mengatur ulang lokasi garis pembagi ke lokasi yang baru.

Nilai properti newOrientation baik sebagai parameter konstruktor atau metoda dapat merupakan salah satu konstanta bernilai integer yaitu JSplitPane.HORIZONTAL_SPLIT atau JSplitPane.VERTICAL_SPLIT. Berikut ini adalah tampilan obyek dari split pane yang membagi kontainer (wadah) menjadi dua bagian secara horisontal dan vertikal:

Mengenal Kelas JSplitPane Java

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.