Banyak program aplikasi yang ada saat ini didesain dengan tampilan grafis yang menarik. Program aplikasi akuntasi, aplikasi perkantoran (Word, Excel, PowerPoint dan lain-lain), browser adalah sebagian yang mungkin Anda sering gunakan. Anda dapat melihat beberapa kemiripan tampilan grafis diantara program aplikasi tersebut. Ada menu, toolbar dan shortcut menu (menu pintas) yang dapat ditampilkan saat mengklik tombol mouse sebelah kanan. Semua fasilitas tersebut dihadirkan untuk mewakili tugas (operasi) tertentu yang sering digunakan untuk kemudahan penggunaan program.

Java adalah salah satu bahasa pemrograman masa kini yang dihadirkan untuk memberi solusi menyeluruh dalam membangun interfes grafis. Dengan Java, Anda dapat membuat menu, toolbar dan popup menu dengan mudah. Anda juga dapat mendesain sebuah program aplikasi dimana saat dijalankan dapat membuka lebih dari satu jendela sekaligus (multiple document interface | MDI). Di bawah ini adalah tampilan gambar menu sederhana yang dapat dihasilkan dari bahasa pemrograman Java.

Tampilan menu di pemrograman Java

Menu merupakan daftar perintah (list of command) yang digunakan untuk mengoperasikan sebuah program aplikasi. Sebuah pilihan pada menu atau submenu akan dikaitkan dengan operasi tertentu. Menu memberi kemudahan kepada pengguna aplikasi untuk melakukan tugas (operasi) yang umumnya digambarkan dan diwakili oleh menu tersebut. Di program aplikasi Microsoft Office misalnya, Anda dapat membuka dan menutup dokumen menggunakan menu Open dan Close, menyimpan dokumen dengan menu Save atau Save As serta menutup aplikasi dengan menu Exit.

Java memberikan tampilan menu yang variatif. Apabila diperlukan, Anda dapat menggunakan kelas JRadioButtonMenuItem dan JCheckBoxMenuItem untuk membuat submenu dengan tampilan berupa radio button dan check box yang mungkin jarang ditemukan di aplikasi window. Untuk mengimplementasikan menu, Java menyediakan lima buah kelas. Kelima kelas tersebut adalah JMenuBar, JMenu, JMenuItem, JRadioButtonMenuItem dan JCheckBoxMenuItem.

Baca artikel terkait lainnya: