Pin It

Di artikel Menu Dan Kelas-Kelas Implementasi Di Pemrograman Java, Anda diperkenalkan pada menu dan kelas-kelas Java yang digunakan untuk membuat menu di program aplikasi Java. Salah satu kelas Java yang digunakan untuk membuat menu di pemrograman Java adalah kelas JMenuBar. Kelas JMenubar merupakan komponen menu yang berada di level paling atas. Kelas JMenuBar adalah turunan dari kelas JComponen yang mempunyai sebuah konstruktor yaitu JMenuBar() untuk mengkonstruksi obyek menu bar dan beberapa metoda. Salah satu metoda yang sering digunakan untuk mendesain menu adalah metoda add(JMenu menu). Metoda ini digunakan untuk menambahkan menu (obyek kelas JMenu) ke obyek menu bar. Berikut ini adalah hirarki turunan kelas JMenuBar.

Hirarki turunan kelas JMenuBar

Untuk membuat menu, terlebih dahulu Anda membuat obyek kelas JMenuBar dan menambahkannya (attach) ke obyek frame menggunakan metoda setJMenuBar yang dimiliki obyek frame tersebut. Berikut ini adalah beberapa pernyataan untuk membuat obyek frame dan menu bar serta menambahkan obyek menu bar tersebut ke obyek frame:

JFrame frame = new JFrame(“Membuat Menu”);
JMenuBar menuBar = new JMenuBar();
frame.setJMenuBar(menuBar);
frame.setDefaultCloseoperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
frame.setSize(320, 230);
frame.setVisible(true);

Apabila belum ada obyek menu satupun yang ditambahkan di obyek menu bar, maka obyek menu bar yang telah diletakkan di obyek frame tidak akan tampak (invisible).