Banner Java

Kelas JMenu Dan Contoh Penggunaannya Di Pemrograman Java

Kelas JMenu merupakan kelas turunan dari kelas JMenuItem. Sebuah menu dapat memiliki item menu. Ketika sebuah menu diklik, daftar dari item menu akan ditampilkan. Obyek kelas JMenu yang telah dikontruksi, dapat ditambahkan ke obyek menu bar (kelas JMenuBar) atau obyek menu yang lain sebagai submenu. Berikut ini adalah hirarkhi turunan kelas JMenu:

Hirarki turunan kelas JMenu di Java

Kelas JMenu mempunyai empat buah kontruktor dan banyak metoda. Anda dapat menggunakan salah satu dari kontruktor-konstruktor tersebut untuk menkonstruksi obyek menu dan menggunakan metoda tertentu untuk mengelola obyek menu. Berikut ini adalah tabel-tabel beberapa konstruktor dan metoda kelas JMenu yang sering digunakan:

Konstruktor Kelas JMenu
Konstruktor Keterangan
JMenu() Mengkonstruksi obyek menu tanpa teks.
JMenu(String str) Mengkonstruksi obyek menu dengan string yang disediakan sebagai teksnya.

Metoda Kelas JMenu
Metoda Keterangan
add(JMenuItem menuItem) Menambahkan item menu ke menu.
addSeparator() Menambahkan pembatas (separator) berupa garis horisontal antar menu.
remove(JMenuItem menuItem) Menghilangkan item menu tertentu dari menu.

Untuk membuat menu, terlebih dahulu Anda mengkontruksi obyek kelas JMenu dan meletakkannya di obyek menu bar. Obyek menu bar yang pada awalnya tidak tampak sebelum diberi obyek menu, akan muncul dibawah title bar dari obyek frame dengan bentuk persegi panjang yang merentang secara horisontal. Berikut ini adalah beberapa pernyataan untuk membuat menu File, Format dan Help.

JMenu mnuFile = new JMenu(“File”);
JMenu mnuFormat = new JMenu(“Format”);
JMenu mnuHelp = new JMenu(“Help”);
menuBar.add(mnuFile);
menuBar.add(mnuFormat);
menuBar.add(mnuHelp);

Membuat menu di pemrograman Java

Menu (kelas JMenu) dapat pula dijadikan sebagai submenu. Untuk membuat submenu, Anda cukup menambahkan obyek menu yang akan dijadikan sebagai submenu di obyek menu yang lain. Berikut ini adalah pernyataan untuk membuat tiga buah submenu untuk menu Format yaitu submenu Foreground, Background dan Text.

JMenu mnuForeground = new JMenu(“Foreground”);
JMenu mnuBackground = new JMenu(“Backgroung”);
JMenu mnuText = new JMenu(“Text”)
mnuFormat.add(mnuForeground);
mnuFormat.add(mnuBackground);
mnuFormat.add(mnuText);

Membuat submenu di pemrograman Java

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.