Banner Java

Kelas JRadioButtonMenuItem Dan Contoh Penggunaannya Di Java

Kelas JRadioButtonMenuItem adalah kelas turunan dari kelas JMenuItem (baca artikel Kelas JMenuItem Dan Contoh Penggunaannya Di Pemrograman Java). Anda dapat menggunakan radio button dari kelas ini sebagai menu. Sebagaimana dengan radio button (baca artikel Mengenal Kelas JRadioButton Di Java dan Contoh Program Kelas JRadioButton: Merubah Warna Teks Di Label) dari kelas JRadioButton, menu radio button dari kelas JRadioButtonMenuItem juga dapat dikelompokkan menggunakan kelas ButtonGroup.

Ketika salah satu menu radio button dipilih (selected), maka menu radio button yang lain kosong (unselected). Apabila beberapa menu radio button tidak dikelompokkan menggunakan ButtonGroup, maka masing-masing menu radio button adalah independen (sebuah menu radio button tidak mempengaruhi menu radio button lain). Berikut ini adalah hirarki turunan dari kelas JRadioButtonMenuItem:

hirarki turunan kelas JRadioButtonMenuItem

Kelas JRadioButtonMenuItem mempunyai delapan kontruktor dan beberapa metoda. Kebanyakan metoda kelas ini umumnya berasal dari kelas di atasnya (superclass). Berikut ini adalah beberapa konstruktor kelas JRadioButtonMenuItem yang sering digunakan untuk mengkonstruksi obyek menu radio button:

Konstruktor Kelas JRadioButtonMenuItem
Konstruktor Keterangan
JRadioButtonMenuItem() Mengkonstruksi obyek menu radio button tanpa teks dan ikon.
JRadioButtonMenuItem(Icon icon) Mengkonstruksi obyek menu radio button dengan ikon.
JRadioButtonMenuItem(Icon icon, boolean selected) Mengkonstruksi obyek menu radio button dengan ikon, status dipilih (selected) dan tanpa teks.
JRadioButtonMenuItem(String text) Mengkonstruksi obyek menu radio button dengan teks.
JRadioButtonMenuItem(String text, boolean selected) Mengkonstruksi obyek menu radio button dengan teks, status dipilih (selected) dan tanpa ikon.
JRadioButtonMenuItem(String text, Icon icon) Mengkonstruksi obyek menu radio button dengan teks dan ikon.
JRadioButtonMenuItem(String text, Icon icon, boolean selected) Mengkonstruksi obyek menu radio button dengan teks, ikon dan status dipilih.

Penggalan kode program di bawah ini akan menambahkan menu radio button Black dan Blue di submenu Foreground dan menu radio button White, Yellow dan Orange di submenu Background. Anda perlu mengelompokkan menu radio button tersebut menggunakan kelas ButtonGroup agar hanya satu obyek menu radio button yang dapat dipilih.

JRadioButtonMenuItem rbmiBlack, rbmiBlue, rbmiWhite, rbmiYellow, rbmiOrange;
ButtonGroup bgrpForeground, bgrpBackground;

mnuForeground.add(rbmiBlack = new JRadioButtonMenuItem(“Black”));
mnuForeground.add(rbmiBlue = new JRadioButtonMenuItem(“Blue”));
bgrpForeground = new ButtonGroup();
bgrpForeground.add(rbmiBlack);
bgrpForeground.add(rbmiBlue);
rbmiBlack.setSelected(true);

mnuBackground.add(rbmiWhite = new JRadioButtonMenuItem(“White”));
mnuBackground.add(rbmiYellow = new JRadioButtonMenuItem(“Yellow”));
mnuBackground.add(rbmiOrange = new JRadioButtonMenuItem(“Orange”));
bgrpBackground = new ButtonGroup();
bgrpBackground.add(rbmiWhite);
bgrpBackground.add(rbmiYellow);
bgrpBackground.add(rbmiOrange);
rbmiWhite.setSelected(true);

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.