Pin It

Kelas JCheckBoxMenuItem adalah juga kelas turunan dari kelas JMenuItem (baca artikel Kelas JMenuItem Dan Contoh Penggunaannya Di Pemrograman Java). Anda dapat menggunakan menu check box dari kelas JCheckBoxMenuItem sebagai item menu. Sebagaimana kelas JCheckBox (baca artikel Mengenal Kelas JCheckBox Di Java dan Contoh Program Kelas JCheckBox: Merubah Tampilan Teks Di Label ), kelas JCheckBoxMenuItem adalah juga komponen grafis yang hanya mempunyai dua macam keadaan (state) atau nilai yaitu on/off atau true/false. Anda dapat memilih satu atau lebih obyek menu check box di kelompok obyek menu check box yang ada. Berikut ini adalah hirarkhi turunan dari kelas JCheckBoxMenuItem:

Hirarkhi turunan kelas JCheckBoxMenuItem

Kelas JCheckBoxMenuItem mempunyai tujuh buah konstruktor dan beberapa metoda. Metoda yang digunakan oleh kelas ini sebagian besar berasal dari kelas di atasnya. Berikut ini adalah tabel beberapa konstruktor kelas JCheckboxMenuItem yang sering digunakan dalam mengkonstruksi obyek menu check box:

Konstruktor Kelas JCheckboxMenuItem
Konstruktor Keterangan
JCheckBoxMenuItem() Mengkonstruksi obyek menu check box tanpa teks dan ikon.
JCheckBoxMenuItem(Icon icon) Mengkonstruksi obyek menu check box dengan ikon.
JCheckBoxMenuItem(String text) Mengkonstruksi obyek menu check box dengan teks.
JCheckBoxMenuItem(String text, boolean selected) Mengkonstruksi obyek menu check box dengan teks, status dipilih (selected) dan tanpa ikon.
JCheckBoxMenuItem(String text, Icon icon) Mengkonstruksi obyek menu check box dengan teks dan ikon.
JCheckBoxMenuItem(String text, Icon icon, boolean selected) Mengkonstruksi obyek menu check box dengan teks, ikon dan status dipilih.

Penggalan kode program berikut ini menambahkan dua buah obyek menu check box Bold dan Underline di submenu Text.

JCheckBoxMenuItem cbmiBold, cbmiUnderline;
mnuText.add(cbmiBold = new JCheckBoxMenuItem(“Bold”);
mnuText.add(cbmiUnderline = new JCheckBoxMenuItem(“Underline”);
cbmiUnderline.setSelected(true);