Banner Java

Menggunakan Ikon, Mnemonic Dan Accelerator Di Menu Aplikasi Java

Obyek kelas JMenu (Kelas JMenu Dan Contoh Penggunaannya Di Pemrograman Java), JMenuItem (Kelas JMenuItem Dan Contoh Penggunaannya Di Pemrograman Java), JRadioButtonMenuItem (Kelas JRadioButtonMenuItem Dan Contoh Penggunaannya Di Java) dan JCheckBoxMenuItem (Kelas JCheckBoxMenuItem Dan Contoh Penggunaannya Di Java) dapat mempunyai ikon, keyboard mnemonic dan keyboard accelerator. Untuk menambahkan ikon, mnemonic dan accelerator di menu-menu aplikasi Java, Anda dapat menggunakan metoda setIcon(Icon icon), setMnemonic(int mnemonic) dan setAccelerator(KeyStroke keyStroke). Penggalan kode program di bawah ini akan menambahkan ikon, mnemonic dan accelerator di item menu New, Open, Save dan Print, menambahkan mnemonic dan accelerator di item menu Exit dan menambahkan hanya mnemonic di menu File.

ImageIcon imgNew = new ImageIcon(“c:\\filejava\\javaapp\\image4\\new.gif”);
ImageIcon imgOpen = new ImageIcon(“c:\\filejava\\javaapp\\image4\\open.gif”);
ImageIcon imgSave = new ImageIcon(“c:\\filejava\\javaapp\\image4\\save.gif”);
ImageIcon imgPrint = new ImageIcon(“c:\\filejava\\javaapp\\image4\\print.gif”);
mnuFile.setMnemonic(‘F’);
mnuNew.setIcon(imgNew);
mnuNew.setMnemonic(‘N’);
mnuNew.setAccelerator(KeyStroke.getKeyStroke
   (KeyEvent.VK_N, ActionEvent.CTRL_MASK));
mnuOpen.setIcon(imgOpen);
mnuOpen.setMnemonic(‘O’);
mnuOpen.setAccelerator(KeyStroke.getKeyStroke
   (KeyEvent.VK_O, ActionEvent.CTRL_MASK));
mnuSave.setIcon(imgSave);
mnuSave.setMnemonic(‘S’);
mnuSave.setAccelerator(KeyStroke.getKeyStroke
   (KeyEvent.VK_S, ActionEvent.CTRL_MASK));
mnuPrint.setIcon(imgPrint);
mnuPrint.setMnemonic(‘P’);
mnuPrint.setAccelerator(KeyStroke.getKeyStroke
   (KeyEvent.VK_P, ActionEvent.CTRL_MASK));
mnuExit.setMnemonic(‘E’);
mnuExit.setAccelerator(KeyStroke.getKeyStroke
   (KeyEvent.VK_E, ActionEvent.CTRL_MASK));

Untuk memilih menu, Anda dapat menggunakan kombinasi kunci keyboard. Sebagai contoh, ketika menekan ALT + F, menu File akan dibuka untuk menampilkan item menu yang ada. Keyboard mnemonic berfungsi untuk mempercepat pemilihan menu tanpa menggunakan mouse, namun demikian hanya terbatas untuk menu yang terbuka. Anda tidak dapat memilih item menu Exit tanpa membuka menu File terlebih dahulu. Untuk memilih menu Exit, Anda terlebih dulu menekan ALT + F, kemudian menekan lagi ALT + E.

Anda juga dapat menggunakan keyboard accelerator untuk memilih dan mengeksekusi menu sekaligus tanpa melalui proses seperti keyboard mnemonic. Keyboard accelerator memilih dan mengeksekusi menu sekaligus tanpa menampilkan menu yang dipilih. Sebagai contoh, ketika ingin keluar dan menutup aplikasi, Anda cukup menekan CTRL + E. Keyboard accelerator tidak dapat ditambahkan di menu atau submenu (kelas JMenu) dan hanya bisa di item menu. Untuk menambahkan keyboard accelerator di item menu, Anda dapat menggunakan metoda setAccelerator. Metoda ini memerlukan argumen berupa obyek KeyStroke. Metoda setKeyStroke dari kelas KeyStroke digunakan untuk membuat obyek keystroke. KeyEvent.VK_E adalah konstanta yang mewakili tombol E di keyboard dan ActionEvent.CTRL_MASK adalah konstanta yang mengindikasikan bahwa tombol CTRL dihubungkan dengan keystroke.

Menggunakan ikon, mnemonic dan accelerator di Java

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.