Banner Java

Penggolongan Eksepsi (Exception) Di Pemrograman Java

Di bahasa pemrograman Java, eksepsi (exception) adalah kesalahan-kesalahan (error) yang muncul saat program aplikasi sedang berjalan. Eksepsi harus bisa ditangani oleh program aplikasi itu sendiri, kalau tidak, program akan berakhir secara tidak normal. Penanganan eksepsi (exception handling) memberikan kesempatan kepada pembuat aplikasi (programer) untuk membuat program aplikasi yang dapat menangani error saat program berjalan. Eksepsi dapat dikelompokkan menjadi tiga yaitu error, exception dan runtime exception.

Kelompok eksepsi pertama adalah error. Error jarang sekali terjadi. Error dimunculkan oleh JVM (Java Virtual Machine) dan diwakili oleh kelas Error. Berikut ini adalah tabel beberapa kelas eksepsi yang merupakan turunan dari kelas Error.

Eksepsi Turunan Dari Kelas Error
Eksepsi Keterangan
VirtualMachineError JVM mengalami kerusakan atau berjalan diluar sumber daya yang diperlukan untuk memulai operasi.
AWTError() Error serius yang terjadi pada Abstract Window Toolkit.
LinkageError Sebuah kelas mempunyai ketergantungan pada kelas lain. Namun demikian, kelas terakhir telah berubah setelah kompilasi kelas pertama.

Kelompok eksepsi kedua adalah exception yang diwakili kelas Exception. Eksepsi ini muncul karena adanya permasalahan yang disebabkan oleh program atau oleh situasi eksternal. Berikut ini adalah tabel beberapa kelas eksepsi yang merupakan turunan dari kelas Exception.

Eksepsi Turunan Dari Kelas Exception
Eksepsi Keterangan
IOException Berhubungan dengan operasi input dan output seperti membuka file yang tidak ada, membaca melampaui akhir file serta member input dengan nilai yang tidak sah.
ClassNotFoundException Menggunakan sebuah kelas yang tidak ada.
CloneNotSupportedException Mencoba untuk mengkloning obyek yang kelas pendefinisiannya tidak mengimplementasikan interfes Cloneable.

Kelompok eksepsi yang ketiga adalah runtime exception yang diwakili oleh kelas RuntimeException. Runtime exception muncul karena adanya error pemrograman seperti pengaksesan larik diluar batasan yang diperbolehkan, pembagian nilai numerik dengan 0 dan sebagainya. Berikut ini adalah tabel beberapa kelas eksepsi yang merupakan turunan dari kelas RuntimeException.

Eksepsi Turunan Dari Kelas RuntimeException
Eksepsi Keterangan
ArithmeticException Error aritmatika misalnya operasi pembagian suatu nilai numerik dengan 0.
NullPointerException Mencoba mengakses obyek melalui variabel acuan yang bernilai null.
ArrayIndexOutOfBoundsException Indek suatu larik (array) tidak di dalam panjang larik (array.length).
IllegalArgumentException Argumen yang menyalahi ketentuan.
NumberFormatException Penggunaan format angka yang salah.

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.