Pin It

Di artikel mengenai Mengenal kelas JList Di Pemrograman Java dan Contoh Program Java: Menggunakan Kelas JList, Anda diperkenalkan pada materi Java tentang kelas JList dan contoh penggunaannya di program Java sederhana. Di artikel kali ini, Anda dapat mempelajari dua data field (layoutOrientation dan visibleRowCount) dari kelas JList dengan masing-masing metodanya (metoda get dan set) yang digunakan untuk mengatur orientasi dari tata letak elemen (item) yang dimiliki dan juga untuk menentukan jumlah baris elemen yang digunakan.

Kelas JList mempunyai data field kelas layoutOrientation dengan tipe int untuk menentukan orientasi tata letak elemen atau item di obyek list. Anda dapat menggunakan metoda getLayoutOrientation untuk mengetahui orientasi tata letak elemen yang sekarang ini sedang digunakan dan metoda setLayoutOrientation(int layoutOrt) untuk menentukan kembali orientasi tata letak elemen di obyek list. Anda dapat mengunakan salah satu dari tiga konstanta yang mewakili tipe int sebagai argumen dari metoda set. Tiga konstanta tersebut adalah JList.VERTICAL, JList.HORIZONTAL_WRAP dan JList.VERTICAL_WRAP.

Orientasi tata letak elemen di kelas JList

Selain menggunakan metoda setLayoutOrientation, Anda juga dapat menentukan jumlah baris yang digunakan di metoda setVisibleRowCount. Dari gambar di atas, (a) adalah tata letak yang dihasilkan dengan memberi argumen JList.VERTICAL ke metoda setLayoutOrientation yang mana adalah default (standar) untuk obyek list. Dengan nilai argumen ini, menggunakan metoda setVisibleRowCount tidak akan memberi perubahan pada orientasi tata letak elemen. (b) adalah tata letak yang dihasilkan dengan memberi argumen JList.HORIZONTAL_WRAP ke metoda setLayoutOrientation dan int 3 ke metoda setVisibleRowCount. (c) adalah tata letak yang dihasilkan dengan memberi argumen JList.VERTICAL_WRAP ke metoda setLayoutOrientation dan int 3 ke metoda setVisibleRowCount.

Baca artikel terkait lainnya: