Banner Java

Memahami Dan Menggunakan List Selection Model Dari Kelas JList

Selection model adalah salah satu model yang dimiliki oleh kelas JList selain data model. Kelas JList mempunyai dua data field terkait dengan mode pemilihan elemen di obyek list yaitu selectionModel dan selectionMode. Properti selectionModel menentukan penanganan tugas yang berkaitan dengan seleksi tunggal (single selection), seleksi dengan interval tunggal (single-interval selection) dan seleksi dengan banyak interval (multiple-interval selection).

Selection model dari obyek kelas JList harus mengimplementasikan interface ListSelectionModel yang mendefinisikan tiga konstanta untuk mode seleksi yaitu SINGLE_INTERVAL_SELECTION, MULTIPLE_INTERVAL_SELECTION dan SINGLE_SELECTION, metoda registrasi untuk ListSelectionListener serta mutator dan accessor untuk beberapa properti (data field). Standarnya, kelas JList menggunakan DefaultListSelectionModel yang merupakan implementasi konkrit (concrete class) dari interface ListSelectionModel. Selection model jarang digunakan secara tegas karena mode pemilihan dapat langsung ditentukan di JList menggunakan metoda setSelectionMode.

Anda dapat memberikan argumen parameter dari metoda setSelectonMode dengan salah satu konstanta bernilai int (integer) yaitu SINGLE_SELECTION, SINGLE_INTERVAL_ SELECTION dan MULTIPLE_INTERVAL_SELECTION. Mode pemilihan default untuk kelas JList adalah MULTIPLE_INTERVAL_SELECTION. Karena ketiga konstanta tersebut didefinisikan di interface ListSelectionModel, Anda perlu menyertakan nama interface-nya ketika menggunakan konstanta tersebut sebagaimana penggalan kode program dibawah ini.

JList list = new JList(new String[] {“Buku 1”, “Buku 2”, “Buku 3”, “Buku 4”, “Buku 5”, “Buku 6”, “Buku 7”, “Buku 8”});
list.setSelectionMode(ListSelectionModel.SINGLE_INTERVAL_SELECTION);

Menggunakan list selection model kelas JList

Gambar di atas merupakan hasil visualisasi dengan memberi argumen berbeda berupa konstanta bernilai int ke metoda setSelectionMode. (a) menggunakan konstanta SINGLE_SELECTION sebagai argumen. Mode ini hanya memperbolehkan pemilihan satu elemen. (b) menggunakan konstanta SINGLE_INTERVAL_SELECTION sebagai argumen. Dengan mode ini, pemilihan banyak elemen diperbolehkan dengan syarat elemen yang dipilih harus bersebelahan (contiguous). Anda perlu menekan dan menahan tombol SHIFT di mode ini. (c) menggunakan konstanta MULTIPLE_INTERVAL_SELECTION sebagai argumen. Dengan mode ini, pemilihan elemen dapat dilakukan tanpa adanya batasan sama sekali (restriction).

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.