Banner Java

Mengenal JDBC Dan JDBC Driver Dari MySQL

Java menyediakan standard API (application programming interface) untuk pengembangan program aplikasi basis data (database) yang disebut dengan JDBC API. JDBC adalah API Java untuk memanipulasi basis data. Dengan JDBC API, para pengembang aplikasi dan applet Java diberi kemudahan untuk mengakses berbagai tipe basis data dari berbagai penyedia basis data (database vendors) seperti MySQL Server, Microsoft SQL Server, Oracle, Sybase dan lain sebagainya. Sebenarnya, banyak yang percaya bahwa JDBC merupakan akronim dari Java Database Connectivity, akan tetapi dokumentasi JDBC sendiri mengatakan bahwa JDBC bukan sebuah akronim, melainkan nama merek dagang (trademarked name) dari API Java.

JDBC merupakan perantara (intermediary) antara bahasa Java dengan basis data. JDBC adalah sebuah spesifikasi yang menyediakan sekumpulan interface yang memperbolehkan akses portabel ke semua basis data. Dapat dikatakan pula bahwa JDBC hanya menyediakan interface standar, sedangkan masing-masing database vendors membuat driver yang diperlukan sebagai interface yang sebenarnya antara program Java (aplikasi, applet, servlet atau Java Server Page) dengan basis data.

Sebuah program Java yang mengakses data di sebuah basis data, harus menggunakan JDBC driver yang khusus diperuntukkan bagi basis data tersebut. Ketika sebuah perusahaan beralih dari sebuah basis data ke basis data yang disediakan oleh vendor lain, maka program Java harus disesuaikan untuk menggunakan JDBC driver yang khusus diperuntukkan bagi basis data baru tersebut. Demikian pula agar program Java dapat berinteraksi dengan basis data MySQL, harus digunakan JDBC driver dari MySQL. MySQL JDBC Driver disebut juga dengan MySQL Connector/J. Anda dapat mengunduh MySQL JDBC Driver terkini di situs http://dev.mysql.com/downloads/connector/j. Gambar di bawah ini dapat memberikan gambaran adanya hubungan antara program Java, JDBC API, JDBC Driver dan basis data MySQL.

JDBC Dan JDBC driver dari MySQL

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.