Pin It

Dalam membuat program aplikasi menggunakan bahasa pemrograman Java yang mengakses ke suatu basis data (database), Anda dapat menggunakan berbagai jenis basis data dan salah satunya adalah basis data MySQL. Agar program aplikasi Java dapat terkoneksi ke basis data MySQL, diperlukan JDBC Driver dari MySQL. JDBC Driver dari MySQL disebut dengan MySQL Connector/J. Sebelum membuat program aplikasi basis data dengan bahasa pemrograman Java, MySQL Connector/J harus sudah terinstal dengan benar di sistem komputer yang akan digunakan, apabila belum, Anda dapat menggunakan petunjuk instalasi MySQL Connector/J di bawah ini.

Bila Anda belum memiliki MySQL JDBC Driver (MySQL Connector/J), Anda dapat mengunduh (download) MySQL JDBC Driver di http://dev.mysql.com/downloads/connector/j. Dari laman web yang terbuka, Anda akan menjumpai file mysql-connector-java-5.1.36.msi. Namun untuk kemudahan instalasi, Anda perlu menggunakan file unduhan mysql-connector-java-5.1.36 dengan ekstensi .zip. Untuk mendapatkannya, dari daftar tarik turun kotak kombo (combo box) berlabel Select Platform, pilih Platform Independent. Anda akan menemukan dua jenis file berekstensi berbeda yaitu .zip dan .gz. Unduh file mysql-connector-java-5.1.36.zip dengan mengklik tombol Download yang ada di posisi kanan.

Ekstrak file yang telah diunduh. Dari hasil ekstrak file, Anda akan menemukan file dengan nama menyerupai “mysql-connector-java-5.1.36-bin.jar” (winRAR archive). Salin file tersebut ke direktori instalasi Java dan tempatkan di folder “C:\Program Files\Java\ jdk1.8.0_45\jre\lib\ext”.

Tambahkan path yang mengacu ke file berekstensi .jar tersebut ke CLASSPATH di System Variables. Karena “%JAVA HOME%” juga telah mewakili path “C:\Program Files\Java\jdk1.8.0_45” (baca artikel Instalasi Dan Konfigurasi Java Di Windows), maka di dalam kontak teks Variable Value cukup diisi dengan “%;JAVA_HOME%\jre\lib\ext\mysql-connector-java-5.1.36-bin.jar”.

Baca artikel terkait lainnya: