Banner Java

Mengenal Kelas-Kelas Utama Dari JDBC API

JDBC API adalah Application Programming Interface (API) Java yang menyediakan akses data secara universal dan independen dari bahasa pemrograman Java. Dengan menggunakan JDBC API, Anda dapat mengakses berbagai sumber data, mulai dari basis data (database) relasional, spreadsheet maupun flat file. Teknologi JDBC menyedikan dasar umum dimana alat dan interface alternatif dapat dibangun. Untuk menggunakan JDBC API dengan DBMS tertentu (misalnya MySQL, MS SQL Server atau Oracle), diperlukan driver berbasis teknologi JDBC yang memediasi antara teknologi JDBC dan basis data.

JDBC API terdiri dari sekumpulan kelas Java yang didalamnya terdapat metoda-metoda (predefined methods) yang menangani berbagai macam fungsi pengaksesan data seperti memilih driver dari basis data, melakukan koneksi ke basis data, menyampaikan berbagai pernyataan SQL (SQL statemen) ke DBMS untuk dieksekusi dan memproses hasil eksekusi (result set) yang dikembalikan oleh DBMS. Berikut ini adalah penjelasan singkat dari empat kelas utama yang ada di dalam JDBC API berkaitan dengan akses ke basis data:

  • Kelas DriverManager. Kelas ini memiliki peranan sangat penting yaitu menyediakan cara mengelola driver basis data dari berbagai tipe. Peranan utamanya adalah memuat semua driver yang ditemukan di System Property. Ketika sebuah koneksi ke basis data dibuka, kelas DriverManager akan memilih driver yang paling tepat dari semua driver-driver yang telah dimuat sebelumnya.
  • Kelas Connection. Ketika sebuah koneksi ke basis data dibuka, ini akan mewakili sebuah obyek tunggal dari sesi basis data tersebut. Peranan kelas ini adalah mengelola komunikasi antara program Java dan basis data. Selama koneksi masih terbuka, pernyataan SQL dapat dieksekusi dan hasil eksekusi dapat diperoleh.
  • Kelas Statement. Kelas ini berperan meyampaikan pernyataan SQL ke DBMS untuk dieksekusi dan kemudian menerima hasil eksekusi dari DBMS dalam bentuk result set.
  • Kelas ResultSet. ResultSet adalah data yang diminta, hasil eksekusi pernyataan SQL oleh DBMS. Data yang diminta, dikembalikan oleh DBMS dalam bentuk tabel. Kelas ResultSet juga memiliki beberapa metoda yang dapat digunakan untuk mengakses, menganalisa dan merubah data.

Kelas-kelas utama JDBC API

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.