Banner Java

Table Model Dan Kelas Konkrit DefaultTableModel Di Pemrograman Java

Metoda-metoda di kelas JTable mempunyai keterbatasan yang berkaitan dengan pemrosesan dan penyimpanan data. Apabila obyek tabel dimaksudkan untuk dapat menambah data baru (new record) atau menghapus data yang ada, Anda tidak dapat melakukan operasi tersebut menggunakan kelas JTable. JTable menyerahkan sepenuhnya operasi yang berkaitan dengan menyimpan dan memproses data ke table data model. Tabel data model tersebut harus mengimplementasikan interface TableModel yang mendefinisikan banyak sekali penanda metoda umum seperti untuk menghitung jumlah kolom dan baris tabel, mendapatkan nama kolom, memanipulasi nilai di sel tabel serta meregistrasi listener (obyek pendengar) untuk table model.

Interface TableModel hanya mendefinisikan penanda metoda yang sifatnya umum dan belum mempunyai implementasi sama sekali. Sebagian besar implementasi metoda berada di kelas abstrak AbstractTableModel. Kelas konkrit DefaultTableModel merupakan perluasan dari kelas abstrak AbstractTableModel dan mengimplementasikan secara default sedikitnya tiga metoda yang belum diimplementasikan di kelas abstrak AbstractTableModel. Ketiga metoda tersebut adalah getColumnCount, getRowCount dan getValueAt. Data yang terdapat di kelas DefaultTableModel disimpan di vektor (obyek dari kelas Vector) dimana elemen vektor tersebut adalah larik obyek. Masing-masing obyek di larik obyek mewakili nilai sel tabel (table cell). Berikut ini adalah daftar konstruktor dan metoda dari kelas konkrit DefaultTableModel.

Tabel konstruktor kelas konkrit DefaultTableModel
Konstruktor Keterangan
DefaultTableModel() Mengkonstruksi obyek DefaultTableModel dengan jumlah baris dan kolom 0 (nol).
DefaultTableModel(int rowCount, int columnCount) Mengkonstruksi obyek DefaultTableModel dengan jumlah baris dan kolom ditentukan dan setiap sel tabel berisi nilai obyek null.
DefaultTableModel(Object[][] data, Object[] columnNames) Mengkonstruksi obyek DefaultTableModel dan menginisialisasi tabel dengan memberi data dan nama kolom ke metoda setDataVector.
DefaultTableModel(Object[] namaColumn, int rowCount) Mengkonstruksi obyek DefaultTableModel dengan jumlah kolom sebanyak elemen columnNames dan jumlah baris obyek null sebanyak rowCount.
DefaultTableModel(Vector namaColumn, int rowCount) Mengkonstruksi obyek DefaultTableModel dengan kolom sebanyak elemen pada columnNames dan jumlah baris obyek null sebanyak rowCount.
DefaultTableModel(Vector data, Vector columnNames) Mengkonstruksi obyek DefaultTableModel dan menginisialisasi tabel dengan memberi data dan nama kolom ke metoda setDataVector.

Tabel metoda kelas konkrit DefaultTableModel
Metoda Keterangan
addColumn(Object columnName) Menambahkan sebuah kolom ke model.
addColumn(Object columnName, Object[] columnData) Menambahkan sebuah kolom beserta data kolom ke model.
addColumn(Object columnName, Vector columnData) Menambahkan sebuah kolom beserta data kolom ke model.
addRow(Object[] rowData) Menambahkan sebuah baris untuk ditempatkan di posisi terakhir dari model.
addRow(Vector rowData) Mengembalikan sebuah vektor yang berisi elemen obyek yang sama dengan elemen obyek pada larik.
convertTovector(Object[][] anArray) Mengembalikan sebuah vektor dari vektor yang berisi elemen obyek yang sama dengan elemen obyek pada larik.
getColumnCount() Mengembalikan nilai int yang merupakan jumlah kolom di dalam tabel data.
getColumnName(int column) Mengembalikan obyek String yang merupakan nama kolom pada indek kolom tertentu.
getDataVector() Mengembalikan vektor dari vektor yang berisi nilai data tabel.
getRowCount() Mengembalikan nilai int yang merupakan jumlah baris di dalam tabel data.
getValueAt(int row, int column) Mengembalikan obyek yang mewakili nilai atribut dari sel tabel di baris dan kolom yang telah ditentukan.
insertRow(int row, Object[] rowData) Menyisipkan sebuah baris pada baris di model.
insertRow(int row, Vector rowData) Menyisipkan sebuah baris pada baris di model.
setModel(SpinnerModel model) Menyisipkan sebuah baris pada baris di model.
removeRow(int row) Menghapus baris pada baris dari model.
setColomnCount(int columnCount) Menentukan ulang jumlah kolom di model.
setRowCount(int rowCount) Menentukan ulang jumlah baris di model.
setValueAt(Object aValue, int row, int column) Menentukan ulang nilai obyek di sel tabel yang ditentukan oleh baris dan kolom.
setColumnIdetifiers(Object[] newIdentifiers) Menganti pengenal-pengenal kolom (identifiers) di model.
setColumnIdentifiers(Vector columnIdentifiers) Menganti pengenal-pengenal kolom (identifiers) di model.
setDataVector(Object[][] dataVector, Object[] columnIdentifier) Mengganti nilai di variabel yang mengacu ke obyek dataVector dengan nilai yang tersimpan di larik (array) dataVector.
setDataVector(Vector dataVector, Vector columnIdentifier) Mengganti nilai variabel yang mengacu ke obyek dataVector saat ini dengan vektor baris baru.

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.