Banner Java

Mengenal Table Column Model, DefaultTableColumnModel Dan TableColumn Di Pemrograman Java

Berkaitan dengan kolom tabel, table model (baca artikel Table Model Dan Kelas Konkrit DefaultTableModel Di Pemrograman Java dan Contoh Program Java Menggunakan Metoda Kelas Konkrit DefaultTableModel) hanya digunakan untuk menambah sebuah kolom di tabel. Anda juga dapat menentukan satu baris tabel untuk dipilih, tetapi tidak dapat memilih satu kolom tabel. Table model memiliki keterbatasan dalam pengelolaan kolom tabel. Anda tidak dapat menghapus atau memilih kolom tabel hanya dengan menggunakan table model. Untuk menghapus, menambah, memilih atau bahkan memindahkan penempatan kolom tabel, Anda dapat menggunakan table column model.

Table column model adalah pusat pengelolaan kolom tabel di pemrograman Java. Table column model mengimplementasikan interface TableColumnModel yang mendefinisikan banyak penanda metoda umum seperti menambah, menghapus dan memindahkan kolom, mengembalikan jumlah keseluruhan kolom atau hanya kolom yang dipilih, menentukan apakah kolom tabel dapat dipilih atau tidak, menentukan marjin kolom dan sebagainya. Implementasi default penanda metoda umum dari interface TableColumnModel berada di kelas konkrit DefaultTableColumnModel. DefaultTableColumnModel merupakan kelas untuk menangani kolom standar sebuah tabel serta menyimpan semua kolom tabel di dalam sebuah vektor. Kelas DefaultTableColumnModel hanya memiliki sebuah konstruktor namun memiliki banyak metoda. Berikut ini adalah tabel daftar metoda kelas DefaultTableColumnModel yang sering digunakan:

Tabel metoda kelas DefaultTableColumnModel
Metoda Keterangan
addColumn(TableColumn aColumn) Menambahkan sebuah kolom di posisi akhir dari larik TableColumn)
getColumn(int columnIndex) Mengembalikan obyek TableColumn untuk kolom pada columnIndex.
getColumnCount() Mengembalikan nilai int yang mewakili jumlah kolom pada larik TableColumn.
getColumnIndex(Object identifier) Mengembalikan indek kolom pertama di larik TableColumn dimana pengenal kolom (nama atau label kolom) sama dengan identifier
getColumnMargin() Mengembalikan lebar marjin dari TableColumn.
getSelectedColumnCount() Mengembalikan nilai int yang mewakili jumlah kolom dipilih (disorot).
getSelectedColumns() Mengembalikan larik int dari kolom yang dipilih atau disorot.
getTotalColumnWith() Mengembalikan nilai int yang mewakili lebar total dari semua kolom.
getSelectionModel() Mengembalikan ListSelectionModel yang digunakan untuk menentukan keadaan pemilihan kolom tabel
moveColumn(int columnIndex, int newColumn) Memindahkan kolom dan kepala kolom(heading) dari columnIndex ke newColumn.
removeColumn(TableColumn column) Menghapus kolom dari larik TableColumn.
setColumnSelectionAllowed(Boolean flag) Menentukan ulang apakah pemilihan kolom tabel dapat dilakukan atau tidak.

Kelas TableColumn tidak dapat dipisahkan dari pengelolaan kolom-kolom sebuah tabel. TableColumn digunakan untuk menentukan model kolom individu dari sebuah tabel yang mengambarkan semua atribut sebuah kolom seperti lebar kolom, lebar minimum dan maksimum serta apakah lebar sebuah kolom tabel dapat dirubah atau tidak. Ketika Anda menggunakan metoda removeColumn dari kelas DefaultTableColumnModel, argumen parameter metoda tersebut adalah tipe kelas TableColumn. Sebagai tambahan, kelas TableColumn juga menyediakan celah (slot) untuk renderer (cell rendering) yang dapat menampilkan komponen grafis lain dan editor yang digunakan untuk mengedit nilai yang terdapat di kolom. Berikut ini adalah tabel daftar konstruktor dan metoda kelas TableColumn:

Tabel konstruktor kelas TableColumn
Konstruktor Keterangan
TableColumn() Mengkontruksi TableColumn default dengan lebar kolom 75 dan nilai null untuk renderer dan editor.
TableColumn(int modelIndex) Mengkontruksi TableColumn untuk kolom tertentu dengan lebar kolom 75 dan nilai null untuk renderer dan editor
TableColumn(int modelIndex, int width) Mengkontruksi TableColumn untuk kolom dan lebar ditentukan dengan nilai null untuk renderer dan editor.
TableColumn(int modelIndex, int width, TableCellRenderer cellRenderer, TableCellEditor cellEditor) Mengkontruksi TableColumn untuk kolom, lebar renderer dan editor ditentukan

Tabel metoda kelas TableColumn
Metoda Keterangan
getCellEditor() Mengembalikan TabelCellEditor yang digunakan oleh JTable untuk mengedit nilai dari kolom ini.
setCellEditor(TableCellEditor cellEditor) Menentukan kembali TableCellEditor yang digunakan oleh JTable ketika sebuah sel di kolom ini diedit.
getCellRenderer() Mengembalikan TabelCellRenderer yang digunakan oleh JTable untuk menampilkan nilai (dapat berupa komponen grafis) dari kolom ini.
getCellRenderer(TableCellRenderer cellRenderer) Menentukan ulang TabelCellRenderer yang digunakan oleh JTable untuk menampilkan nilai (dapat berupa komponen grafis) dari kolom ini.
getMaxWidth() Mengembalikan nilai int yang mewakili lebar maksimum dari TableColumn.
setMaxWidth(int maxWidth) Menentukan ulang lebar maksimum TableColumn sesuai nilai maxWidth atau sesuai lebar minimum jika nilai maxWidth kurang dari lebar minimum.
getMinWidth() Mengembalikan nilai int yang mewakili lebar minimum dari TableColumn.
setMinWidth(int minWidth) Menentukan ulang lebar minimum TableColumn sesuai nilai minWidth, menyesuaikan lebar minimum baru jika diperlukan untuk memastikan bahwa 0 <= minWidth <= maxWidth.
getModelIndex() Mengembalikan nilai int yang mewakili model index (indek model) dari kolom ini.
getPreferedWidth() Mengembalikan nilai int yang mewakili lebar yang diinginkan dari TableColumn.
setResizable(boolean isResizable) Menentukan ulang apakah kolom ini dapat dirubah ukurannya.
sizeWidthToFit() Menentukan ulang ukuran kolom agar sesuai dengan lebar header cell.

Baca artikel terkait lainnya

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.