Banner Java

Penyeleksian if Sederhana

Penyeleksian if sederhana digunakan untuk mengeksekusi sebuah pernyataan atau blok pernyataan hanya jika syarat (kondisi) terpenuhi (bernilai true). Apabila syarat tidak terpenuhi, maka pernyataan di luar penyeleksian if (pernyataan berikutnya) akan dieksekusi. Sintak penulisan penyeleksian if sederhana adalah sebagai berikut:

If (ekspresiboolean) {
   pernyataan;
}
pernyataan berikutnya;

Jika ekspresiboolean bernilai true, maka pernyataan atau blok pernyataan akan dieksekusi. Sebaliknya, jika ekspresiboolean bernilai false, maka pernyataan atau blok pernyataan akan diabaikan dan program akan melanjutkan eksekusi ke pernyataan berikutnya setelah tanda penutup blok (}). Berikut ini adalah penggalan kode program untuk menghitung keliling lingkaran:

if (jari2 >= 0) {
   keliling = 2 * PI * jari2;
   System.out.println(“Jari-jari lingkaran : “ + jari2 + “\nKeliling lingkaran : “ + keliling);
}
System.out.println(“Nilai salah. coba lagi!”);

Menggunakan penggalan kode program di atas, jika nilai variabel jari2 lebih besar atau sama dengan integer 0 (bernilai boolean true), maka pernyataan untuk menampilkan nilai jari-jari lingkaran dan keliling lingkaran yang terletak di blok pernyataan akan dieksekusi, sebaliknya, bila bernilai false, blok pernyataan tersebut tidak akan dieksekusi dan eksekusi akan berlanjut ke pernyataan atau blok pernyataan setelah tanda penutup blok yaitu menyarankan kepada pengguna aplikasi untuk memasukkan atau mencoba menginput kembali nilai jari-jari lingkaran yang kemungkinan bisa berupa nilai negatif. Berikut ini adalah bagan alir untuk penyeleksian if sederhana:

Ekspresiboolean harus diletakkan diantara tanda kurung buka dan kurung tutup. Bila suatu program menggunakan operator logika seperti && atau ¦¦ di antara dua buah ekspresi benilai boolean, maka tanda parentheses paling luar tetap diperlukan. Anda juga bisa menghilangkan braces (tanda { }) yang menandai blok pernyataan apabila hanya ada satu pernyataan yang akan dieksekusi. Berikut ini adalah contoh penggalan kode program yang lain:

if ((nilai >= 60) && (nilai <= 100)) {
   System.out.println(“ Anda lulus”);
}

Pernyataan di atas sama dan searti dengan pernyataan di bawah ini.

if ((nilai >= 60) && (nilai <= 100))
   System.out.println(“Anda lulus”);

Tanda braces diperlukan bila terdapat lebih dari satu pernyataan. Braces di sini digunakan untuk mengelompokkan beberapa pernyataan yang akan dieksekusi dalam bentuk blok pernyataan bila kondisi bernilai boolean true. Berikut ini adalah contoh penggalan kode program:

If ((nilai >= 60) && (nilai <= 100)) {
   System.out.println(“Nilai anda : “ + nilai);
   System.out.println(“Anda lulus”);
}

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.