Banner Java

Penyeleksian if Tersarang

Pernyataan yang ada di dalam penyeleksian if atau if else bisa berupa pernyataan Java apapun termasuk juga penyeleksian if atau if else yang lain. Penyeleksian if atau if else yang terletak di dalam (inner) penyeleksian if atau if else yang lain (outer) disebut dengan if tersarang (nested if). Penyeleksian if atau if else yang ada di dalam penyeleksian if atau if else yang lain, dapat pula berisi penyeleksian if atau if else yang lain pula dan begitu seterusnya. Berikut ini adalah penggalan program untuk nested if:

If (usiaBadu > usiaNanang) {
   If (usiaGito > usiaNanang)
      System.out.println(“Badu dan Gito lebih tua dari Nanang”);
}
else
   System.out.println(“Badu lebih muda dari Nanang”);

Penyeleksian if (usiaGito > usiaNanang) berada di dalam penyeleksian if yang lain (usiaBadu > usiaNanang) dapat dikatakan bahwa penyeleksian if (usiaGito > usiaNanang) disarangkan (nested) ke dalam penyeleksian if (usiaBadu > usiaNanang) yang berada di bagian luar. Misalkan, variabel usiaBadu bernilai 26, usiaGito bernilai 24 dan usiaNanang bernilai 20, maka penyeleksian tersebut akan menampilkan string “Badu dan Gito lebih tua dari Nanang”. Di dalam penyeleksian if else, else akan dihubungkan langsung dengan if yang mendahuluinya kecuali bila mempunyai maksud lain. Untuk maksud lain ini, Anda dapat meletakkan tanda braces di perulangan if else.

if (x > 5)
   if (y > 5)
      System.out.println(“x dan y lebih besar dari 5”);
else
   System.out.println(“x lebih kecil atau sama dengan 5”);

Penyeleksian di atas nampak bahwa jika x lebih besar dari 5 dan di dalam penyeleksian if tersarang y juga lebih besar dari 5, maka string “x dan y lebih besar dari lima” ditampilkan. Penyeleksian di atas juga nampak jika x tidak lebih besar dari 5, maka nilai string setelah else, “x lebih kecil atau sama dengan 5”, yang akan ditampilkan. Perlu diperhatikan bahwa penyeleksian di atas, tidak dieksekusi sebagaimana nampaknya. Telah dijelaskan sebelumnya bahwa else akan dihubungkan langsung dengan if yang mendahuluinya, sehingga kompiler Java akan mengeksekusi penyeleksian tersebut sebagai berikut:

if (x > 5)
   if (y > 5)
      System.out.println(“x dan y lebih besar dari 5”);
   else
      System.out.println(“x lebih kecil atau sama dengan 5”);

Penyeleksian di atas akan menguji apakah x lebih besar dari 5. Jika benar, eksekusi akan berlanjut dengan menguji apakah y juga lebih besar dari 5, jika kondisi kedua juga benar, maka string “x dan y lebih besar dari 5” akan ditampilkan, namun demikian jika kondisi kedua salah, maka string “x lebih kecil atau sama dengan 5” akan ditampilkan. Agar kompiler mengeksekusi penyeleksian if sebagaimana maksud awal penyeleksian tersebut ditulis, Anda dapat memakai braces. Braces mengindikasikan bahwa penyeleksian if kedua adalah blok pernyataan (body) dari penyeleksian if pertama dan else merupakan bagian dari if pertama. Berikut ini adalah bentuk penulisannya:

if (x > 5) {
   if (y > 5)
      System.out.println(“x dan y lebih besar dari 5”);
}
else
   System.out.println(“x lebih kecil atau sama dengan 5”);

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.