Banner Java

Pengertian Dan Sintaksis Metoda Di Java

Ada dua macam modul di bahasa pemrograman Java yaitu metoda dan kelas. Semua program aplikasi Java dibuat dengan mengkombinasikan metoda dan kelas yang dibuat oleh programer itu sendiri dengan metoda dan kelas yang sudah tersedia di Java API atau pustaka kelas Java (Java class library). Java API memiliki koleksi kelas yang berisi metoda untuk melakukan fungsi seperti operasi aritmatika, memanipulasi string dan karakter, operasi input dan output, pemeriksaan kesalahan (error checking) serta banyak operasi penting lainnya. Koleksi kelas yang terdapat di Java API membantu penulisan program menjadi mudah. Kelas-kelas di Java API adalah bagian dari Java 2 Software Development Kit (J2SDK) yang berisi banyak sekali kelas-kelas yang telah dikelompokkan ke dalam paket-paket (packages).

Di dalam bahasa pemrograman level tinggi (high level programming language) lain seperti Fortran, Cobol dan Basic, metoda sering disebut dengan fungsi (function) atau prosedur (procedure). Metoda yang dapat mengembalikan nilai (nonvoid return value) seperti metoda showInputDialog dari kelas JOptionPane sering disebut dengan fungsi, sedangkan metoda yang tidak mengembalikan nilai (void return value) sering disebut dengan prosedur. Ada dua alasan utama penerapan konsep modular dari metoda di bahasa pemrograman Java. Penerapan pendekatan devide-and-conquer memberikan kemudahan pengelolaan dalam pengembangan program Java yang sudah ada, sedang alasan berikutnya adalah metoda yang sudah ada dapat dipergunakan kembali ke dalam blok bangunan (user-defined class) untuk membuat program baru (software reusability).

Bahasa Java mempunyai banyak sekali kelas-kelas yang di dalamnya terdapat metoda-metoda yang terkait dengan kelas tersebut. Metoda showMessageDialog dan showInputDialog dari kelas JOptionPane, metoda parseInt dari kelas Integer, metoda exit dari kelas System, metoda setText dan append dari kelas JTextArea dan lainnya adalah beberapa contoh metoda dari beberapa kelas Java. Metoda adalah kumpulan pernyataan yang dikelompokkan bersama untuk melakukan suatu operasi. Secara umum, format dasar pendeklarasian metoda mempunyai sintak penulisan sebagai berikut:

   penentu tipe-nilai-dikembalikan nama-metoda(daftar-parameter) {
      // deklarasi dan pernyataan
   }

penentu (modifier), tipe-nilai-dikembalikan, nama-metoda dan daftar-parameter adalah method header dari sebuah metoda. penentu (modifier) bersifat opsional (dapat disertakan atau tidak) yang akan menentukan bagaimana sebuah metoda dipanggil.

Beberapa metoda menjalankan operasi yang kemungkinan akan mengembalikan nilai (nonvoid return value). Tipe-nilai-dikembalikan adalah tipe dari nilai yang dikembalikan oleh metoda. Beberapa metoda juga menjalankan operasi yang kemungkinan tidak akan mengembalikan nilai (void return value). Untuk metoda seperti ini, tipe-nilai-dikembalikan adalah kata kunci (keyword) void. daftar-parameter mengacu pada tipe, urutan dan jumlah parameter sebuah metoda. daftar-parameter bersifat opsional artinya sebuah metoda dapat memiliki parameter maupun tidak memiliki parameter. nama-metoda adalah nama dari metoda yang dideklarasikan. Nama-metoda dan daftar-parameter merupakan penanda dari sebuah metoda (method signature).

Variabel yang berada di method header dikenal dengan formal parmeter atau hanya parameter. Ketika sebuah metoda yang memiliki parameter diminta (dipanggil), Anda perlu memberikan nilai kepada parameter metoda tersebut. Nilai yang diberikan ini sering disebut dengan actual parameter atau argumen. Blok pernyataan dari metoda akan menentukan tugas yang dilakukan oleh metoda tersebut.

Berikut ini adalah contoh pendeklarasian metoda untuk mencari akar kuadrat (x2) untuk nilai x dari 1 – 10. Metoda ini diberi nama cariKuadrat dan mempunyai satu parameter yaitu nilai dengan tipe integer. Metoda ini akan mengembalikan (return) nilai yaitu nilai kuadrat dari parameter nilai.

// Nama file : Kuadrat.java
// Mencari nilai kuadrat dari nilai yang sudah diketahui

// Mengimpor Java Predifined class
import javax.swing.JOptionPane;

// Deklarasi kelas
public class Kuadrat {

   // Metoda main
   public static void main(String[] args) {
 
      String tampil = "";
      int hasil;
      
      for (int y = 1; y <= 10; y++) {
         
         hasil = hitungKuadrat(y);
         tampil += "Kuadrat dari " + y + " adalah " + hasil + "\n";

      } //akhir blok pernyataan perulangan for

      JOptionPane.showMessageDialog(null, tampil, "Mencari Kuadrat",
         JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);

   } //akhir blok metoda main

   // Deklarasi metoda cariKuadrat
   public static int hitungKuadrat(int nilai) {
      
      int nilaiKuadrat;
      nilaiKuadrat = nilai * nilai;
     
      return nilaiKuadrat;

   } // Akhir blok metoda cariKuadrat

} // Akhir blok kelas Kuadrat

 

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.