Banner Java

Operator Pintas Di Java

Semua nilai yang tersimpan di suatu variabel Java dapat berubah (bersifat dinamis). Di dalam program, nilai variabel mungkin akan bertambah atau berkurang dengan nilai tertentu. Anda dapat menggunakan salah satu bentuk dari assignment operator yang disebut dengan operator pintas (shortcut operator) untuk menambah atau mengurangi nilai yang tersimpan di sebuah variabel dengan nilai tertentu. Berikut ini adalah tabel operator pintas Java:

Operator Pintas Di Java
Operator Nama Contoh Sama Dengan
+= Addition Assigment j += 5 j = j + 5
-= Subtraction Assigment j -= 5 j = j - 5
*= Multiplication Assigment j *= 5 j = j * 5
/= Division Assigment j /= 5 j = j / 5
%= Remainder Assigment j %= 5 j = j % 5

Selain operator pintas, Java juga mempunyai operator pintas yang khusus digunakan untuk menambah dan mengurangi nilai yang tersimpan di variabel dengan satu. Operator tersebut adalah ++ (increment) dan -- (decrement). Increment dan decrement digunakan dengan meletakkannya di depan atau di belakang sebuah variabel numerik. Berikut ini adalah tabel dari operator increment dan decrement:

Operator Increment Dan Decrement Di Java
Operator Nama Kegunaan
++y Preincrement Sebelum digunakan dalam ekspresi, nilai variabel y terlebih dahulu ditambah dengan 1.
y++ Postincrement Setelah digunakan dalam ekspresi, nilai variabel y ditambah dengan 1.
--y Predecrement Sebelum digunakan dalam ekspresi, nilai variabel y terlebih dahulu dikurangi dengan 1.
y-- Postdecrement Setelah digunakan dalam ekspresi, nilai variabel y dikurangi dengan 1.

Operator increment dan decrement yang diletakkan sebelum variabel numerik y disebut dengan preincrement (++y) dan predecrement (--y), sedangkan yang diletakkan sesudah variabel numerik y disebut dengan postincrement (y++) dan postdecrement (y--).

int a = 5;
int b = 10;
int c = 7;
int d = --a + (++b) – c--;

Dari pernyataan di atas, setelah tiga buah pernyataan tersebut dieksekusi, maka nilai variabel a menjadi 4, nilai variabel b menjadi 11 dan nilai variabel d menjadi 8. Operator increment dan decrement dapat digunakan di semua tipe data numerik primitif. Operator ini juga sering digunakan di pernyataan perulangan (loop statement). Loop statement adalah struktur yang mengontrol berapa kali pernyataan atau blok pernyataan di dalam program dieksekusi.

Sebuah variabel dapat digunakan di dalam ekspresi seperti y = y + 1 yang artinya memberikan hasil penjumlahan y + 1 ke variabel y. Seandainya nilai dari variabel y adalah 1 sebelum ekspresi tersebut dieksekusi, maka nilai dari variabel y menjadi 2 setelah ekspresi dieksekusi. Selain menggunakan ekspresi tersebut, untuk menambah atau mengurangi nilai variabel numerik dapat digunakan operator pintas. Berikut ini adalah beberapa contoh penerapannya.

a = a + 1;  // Sama dengan a += 1, ++a atau a++
b = b + 4;  // Sama dengan b += 4
c = c – 1;  // Sama dengan c -= 1, --c atau c--
d = d – 4;  // Sama dengan d -= 4

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.