Banner Java

Cara Menggunakan Metoda Di Java

Metoda merupakan kumpulan pernyataan yang dikelompokkan di dalam blok metoda. Eksekusi pernyataan-pernyataan ini menentukan tugas yang dilakukan oleh sebuah metoda. Metoda bisa mengembalikan nilai dan bisa juga tidak mengembalikan nilai. Untuk menggunakan sebuah metoda yang sudah ada di dalam program, metoda tersebut harus dipanggil atau diminta (invoke).

Ada dua macam cara untuk memanggil sebuah metoda, tergantung apakah metoda tersebut mengembalikan nilai atau tidak. Untuk metoda yang mengembalikan nilai, memanggil metoda dapat diperlakukan sebagai nilai seperti dalam pernyataan pemberian (assignment statement). Berikut ini adalah pernyataan untuk memanggil sebuah metoda yang dapat mengembalikan nilai:

   int hasil = hitungKuadrat(5);

Pernyataan di atas memanggil metoda hitungKuadrat dan menyimpan hasil dari metoda tersebut (nilai yang dikembalikan oleh metoda hitungKuadrat(5)) ke variabel integer hasil. Contoh lain pemanggilan metoda yang diperlakukan sebagai nilai adalah sebagai berikut:

   System.out.println(hitungKuadrat(5));

Pernyataan tersebut menampilkan nilai yang dikembalikan oleh metoda hitungKuadrat(5) ke baris perintah di jendela Command Prompt. Untuk metoda yang tidak mengembalikan nilai, memanggil metoda dapat diperlakukan sebagai sebuah pernyataan. Berikut ini adalah pernyataan untuk memanggil metoda yang tidak mengembalikan nilai:

   System.out.println(“Selamat datang Java”);

Sebenarnya sebuah metoda yang dapat mengembalikan nilai juga dapat diperlakukan sebagai sebuah pernyataan apabila pemanggil (caller) dari metoda tersebut mengabaikan nilai yang dihasilkan oleh metoda. Dalam banyak kasus, hendaknya memanggil sebuah metoda yang mengembalikan nilai tetap diperlakukan sebagai nilai.

Contoh kode program berikut ini memiliki metoda cariMinimum yang akan mengembalikan nilai integer terkecil dari dua nilai integer yang diinput. Metoda cariMinimum mempunyai dua buah parameter dengan tipe integer, nilai1 dan nilai2. Salah satu dari dua parameter dengan nilai terkecil akan dikembalikan sebagai hasil dari operasi metoda.

// Nama file : NilaiMinimum.java
// Menampilkan nilai terkecil yang dikembalikan metoda

// Deklarasi kelas
public class NilaiMinimum {

   // Metoda main
   public static void main(String[] args) {
 
      int m = 7;
      int n = 4;
      int p = cariMinimum(m, n);

      System.out.println("Nilai terkecil antara " + m + " dan " +
         n + " adalah " + p);

   }

   // Deklarasi metoda cariMinimum
   public static int cariMinimum(int nilai1, int nilai2) {

      int hasilCari;

      if (nilai1 < nilai2)
         hasilCari = nilai1;
      else
         hasilCari = nilai2;
      
      return hasilCari;
   
   } // akhir blok metoda cariMinimum

}  // akhir dari blok kelas

 

Baca artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.