Pin It

PHP merupakan bahasa skrip yang dapat disertakan ke dalam skrip HTML (HTML-embedded scripting language). Ini berarti bahwa kode PHP dan HTML dapat diletakkan dalam satu file. Untuk memulai bahasa pemrograman PHP, Anda memerlukan skrip dasar HTML sebagai pondasi setiap halaman web. Berikut ini merupakan skrip dasar HTML yang diperlukan bahasa pemrograman PHP.

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Struktur Dasar Skrip HTML5</title>
</head>
<body>
</body>
</html>

Anda dapat meletakkan sepasang tag PHP sebagai tempat kode PHP ke dalam tag body HTML. Ada tiga pasang tag PHP yang dapat Anda gunakan sebagai tempat kode PHP. Anda tidak boleh mencampuradukkan penggunaan ketiga pasang tag PHP tersebut. Misalnya, Anda tidak boleh menggunakan tag pembuka dari satu pasangan dan menggunakan tag penutup dari pasangan yang lain. Adapun ketiga pasang tag PHP dimaksud adalah:

  1. <?php dan ?>
  2. <? dan ?>
  3. <script language="php"> dan </script>

Apapun yang diletakkan di dalam sepasang tag PHP akan diperlakukan sebagai kode PHP oleh web server sehingga interpreter PHP akan mengeksekusi kode PHP tersebut. Teks apapun yang berada di luar tag PHP akan dieksekusi oleh web browser sebagai HTML biasa.

Ketika kode PHP diletakkan di dalam tag PHP, Anda perlu memberikan ekstensi .php ke file. Ekstensi .php ini akan mengatakan kepada server untuk memperlakukan skrip secara khusus dan memberitahu bahwa terdapat kode PHP di dalamnya. Berikut ini adalah skrip dasar PHP yang akan digunakan untuk membuat file-file PHP:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Struktur Dasar Skrip PHP</title>
</head>
<body>
<?php
# Kode PHP berada di sini.
?>
</body>
</html>