PHP merupakan bahasa skrip yang dapat disertakan ke dalam file HTML. PHP mempunyai sejumlah fungsi (function) yang digunakan untuk mengirim data ke web browser agar ditampilkan. Dua di antaranya adalah echo dan print. Data yang akan ditampilkan harus diletakkan di antara tanda petik tunggal atau ganda. Fleksibilitas percampuran antara PHP dan HTML juga memungkinkan pengiriman data berupa kode HTML ke web server.

echo dan print dalam penggunaannya mempunyai perbedaan yang sangat kecil. Anda dapat menggunakan salah satu sebagai alternatis salah satu yang lain. echo dapat digunakan untuk menampilkan apapun yang dapat ditampilkan di browser seperti string, angka, nilai variabel maupun hasil dari suatu ekspresi. print hanya dapat menampilkan satu string dan akan mengembalikan nilai 1. Dibandingkan dengan print, echo dianggap sedikit lebih cepat dan lebih dominan digunakan.

Meskipun echo dan print berperilaku layaknya sebuah fungsi di PHP, sebenarnya echo dan print bukanlah sebuah fungsi yang sesungguhnya. echo dan print lebih tepat disebut dengan language construct. Itulah sebabnya dalam pemakaian, echo dan print dapat menggunakan tanda kurung (parentheses) maupun tidak. Anda tidak dapat selalu menggunakan echo dan print layaknya menggunakan fungsi PHP pada umumnya. Berikut ini adalah contoh pengiriman kode HTML ke web server menggunakan echo.

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Mengirim Kode HTML Ke Web Browser</title>
</head>
<body>
<?php
echo"<p><b>PHP</b> merupakan bahasa skrip yang paling banyak digunakan <br/>untuk membuat web interaktif.</p>";
?> 
</body>
</html>

Berikut ini adalah tampilan file mengirimkodehtml.php saat dijalankan di browser Microsoft Internet Explorer 9:

Menampilkan kode HTML ke browser menggunakan pernyataan echo di PHP