Cara memilih template CMS Joomla yang tepat
Cara Memilih Template CMS Joomla Yang Tepat
Apakah Anda sedang membuat website dengan CMS Joomla atau mungkin Anda sudah memilikinya? Website CMS Joomla pasti menggunakan salah satu tipe ekstensi Joomla yang sangat penting yaitu template. Template di CMS Joomla adalah salah satu tipe ekstensi yang mengubah tampilan website. Template mengontrol keseluruhan tampilan dan tata letak website dan bagaimana website akan dilihat oleh pengunjung (visitor).

Di zaman sekarang ini, kehadiran online dari bisnis Anda sangat penting. Kehadiran online ini diwujudkan dengan memiliki website yang dapat berfungsi penuh. Bila website bisnis Anda dibuat menggunakan CMS Joomla, satu hal yang perlu menjadi perhatian adalah pemilihan template yang digunakan. Memilih template yang tepat bukan hal mudah, hasil akhir tidak sekedar website yang terlihat menarik saja.

Template Joomla menentukan struktur, tampilan dan nuansa website. Sebelum membuat website, Anda perlu menentukan terlebih dahulu tipe atau jenis website yang akan dibuat apakah itu website bisnis, eCommerce, edukasi, portofolio, blog, atau portal berita. Template Joomla yang terlihat bagus dan menarik dan Anda sukai belum tentu memiliki fitur atau fungsi yang diperlukan oleh jenis website yang dibuat.

Berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan untuk memilih template CMS Joomla yang tepat.

1. Sesuaikan dengan jenis dan niche.

Jangan memilih template Joomla yang hanya terlihat baik dan bagus. Template yang terlihat bagus dan Anda sukai belum tentu memiliki fitur atau fungsi yang sesuai dengan jenis website Anda. Pilih template yang memang dirancang untuk jenis website yang akan dibuat. Anda kemudian dapat mengkhususkan lagi untuk niche (tema atau topik) tertentu. Misalnya, jenis website yang dibuat adalah blog dan niche yang dipilih adalah kesehatan atau pendidikan.

Memilih template Joomla yang sesuai dengan jenis website akan mempermudah pekerjaan. Template yang tepat dapat menghemat waktu pengoptimalan dan penyesuaian. Anda juga akan dimudahkan dalam mendesain ulang template untuk beradaptasi dengan jenis website. Sebagai contoh, bila Anda seorang fotografer, pilih template Joomla yang memang dirancang untuk website yang sarat dengan gambar.

2. Fitur yang tersedia.

Sangat penting mempertimbangkan fitur yang ada di template Joomla sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan. Setiap jenis website membutuhkan fitur yang berbeda. Sebuah blog pribadi mungkin hanya membutuhkan fitur minimal agar halaman web dapat dimuat cepat, sedangkan portal berita dengan tampilan yang lebih kompleks mungkin memerlukan lebih banyak fitur dan beragam.

Anda mungkin pernah melihat halaman depan (frontpage) website yang menampilkan video atau slideshow, namun ada juga yang tidak. Anda mungkin pernah mengunjungi website yang memiliki mega menu dengan banyak gambar dan teks, namun ada juga yang menggunakan menu biasa. Dengan tersedianya fitur yang diperlukan pada template Joomla, Anda tidak perlu menginstal ekstensi Joomla tertentu untuk menambahkan fitur tertentu.

3. Responsif.

Pastikan Anda menggunakan template Joomla yang responsif. Template yang responsif dioptimalkan untuk berbagai perangkat seperti PC, laptop, tablet, dan ponsel. Tampilan website yang menggunakan template Joomla responsif akan otomatis menyesuaikan dengan lebar layar perangkat. Anda tetap dapat membaca teks dengan jelas dan mudah. Jika template yang digunakan tidak responsif, teks ditampilkan dengan ukuran kecil di layar ponsel sehingga sulit dibaca.

4. Dioptimalkan untuk SEO.

SEO memainkan peran penting agar website bisa muncul di halaman pertama hasil penelusuran mesin pencari (search engine results pages | SERP) dengan peringkat tinggi. Template Joomla yang dipilih seharusnya memberi pengaruh positif terhadap performa SEO. Pastikan template yang digunakan telah teroptimasi SEO. Template harus dikembangkan dengan baik, dikode dengan struktur yang baik, dan menggunakan teknologi web modern agar performa website juga baik.

5. Mudah dikustomisasi.

Pada umumnya, template yang sama juga digunakan pada banyak website sehingga semua memiliki tampilan yang seragam. Bila template Joomla mudah dikustomisasi, ini memungkinkan Anda dapat melakukan penyesuaian dengan memodifikasi desain dan mengubah konten. Website akan memiliki tampilan dan nuansa yang berbeda dengan website lain yang menggunakan template yang sama sehingga nampak lebih profesional dan unik.

6. Kecepatan template.

Performa keseluruhan website Joomla juga dipengaruhi oleh kecepatan template Joomla yang digunakan. Oleh karena itu, penting untuk memilih template yang cepat. Template Joomla yang ditawarkan oleh banyak provider biasanya memiliki template demo. Anda dapat memanfaatkan template demo ini untuk menguji kecepatan template. Lakukan tes kecepatan template demo menggunakan tool seperti Google PageSpeed Insights.

7. Hati-hati dengan template gratis.

Banyak penyedia (provider) template dan ekstensi Joomla menawarkan template gratis. Anda juga bisa mendapatkan template gratis dari banyak blog atau website lain. Namun, Anda perlu berhati hati dan selalu tanyakan pada diri sendiri mengapa template Joomla tersebut gratis sebelum menggunakan. Template gratis biasanya mengandung spam atau malware dan umumnya, dikode secara tidak optimal.

Ketika Anda menginstal CMS Joomla 4, sebenarnya sudah ada satu template gratis yang disertakan. Template gratis ini bernama Cassiopeia. Menggunakan template gratis Cassiopeia bawaan CMS Joomla pastinya aman bila dibanding menggunakan template gratis pihak ketiga. Template Cassiopeia bebas dari malware dan spam. Setiap ada update atau upgrade versi CMS Joomla, biasanya template Cassiopeia ini juga mendapatkan update.

Blog termasmedia ini menggunakan template gratis Cassiopeia bawaan CMS Joomla 4 dengan sedikit modifikasi. Anda juga dapat melihat contoh lain penggunaan template gratis Cassiopeia di website resmi Joomla di cassiopeia.joomla.com.

8. Pilih provider template terpercaya.

Penyedia (provider) template dan ekstensi Joomla yang handal tidak hanya menyediakan banyak pilihan template yang tepat untuk berbagai jenis website, tetapi juga pasti dikode dengan bagus. Namun, bila Anda mengalami kendala terkait template saat mendesain ulang atau melakukan penyesuaian, setidaknya Anda tahu kemana mencari bantuan. Provider terpercaya seperti Joomlart, Yootheme, JoomShaper, atau Gavicpro akan memberikan dukungan terbaik kepada para pelanggannya.

SILAHKAN BAGIKAN ARTIKEL INI!
Pin It