Bagaimana web hosting berpengaruh pada SEO
Pengaruh Web Hosting Pada SEO

SEO singkatan dari search engine optimization. SEO adalah proses mengoptimalkan website agar berada di posisi atau peringkat teratas di halaman hasil pencarian mesin telusur (Search Engine Results Pages | SERP). Ada banyak faktor yang mempengaruhi SEO seperti konten yang berkualitas, keyword yang tepat, backlink yang berkualitas, kecepatan website dan lain sebagainya. Lalu, ada pertanyaan apakah web hosting juga termasuk faktor SEO?

Apakah web hosting berpengaruh pada SEO tidak banyak dibahas, namun penempatan website pada web hosting dapat mempengaruhi peringkat, lalu lintas, dan konversi secara signifikan. Search engine crawler atau spider seperti Googlebot atau Bingbot tidak peduli web hosting mana yang Anda gunakan, tetapi faktor seperti uptime, keamanan, kecepatan muat halaman web dipengaruhi oleh server hosting yang digunakan.

Mengapa SEO Penting?

Bagaimana Anda mencari informasi di internet? Anda membuka web browser seperti Google Chrome, mengetikkan kata kunci (keyword) yang relevan dengan informasi yang dicari dan kemudian menekan tombol keyboard Enter. Mesin pencari Google selanjutnya menampilkan daftar website yang kontennya berisi informasi yang relevan dengan keyword di halaman hasil pencarian mesin telusur (SERP).

Misalnya, Anda menjual produk A melalui website. Ada banyak website yang juga menjual produk A. Ada orang-orang di luar sana sedang mencari produk A. Orang-orang tersebut menggunakan web browser untuk mendapatkan informasi terkait produk A. Produk A Anda dan produk A dari website lain harus bersaing untuk bisa muncul di posisi atas di halaman pertama hasil pencarian mesin telusur (search engine).

Untuk bisa muncul di halaman hasil pencarian mesin telusur, halaman web produk A Anda perlu dirayapi dan diindeks terlebih dahulu oleh search engine crawler atau spider. Sedangkan peringkat atau posisi teratas di halaman hasil pencarian ditentukan oleh algoritma search engine dengan mempertimbangkan struktur dan kualitas konten produk A serta faktor-faktor lainnya.

Jadi, SEO sangat penting untuk membatu halaman web produk A Anda masuk ke halaman hasil pencarian mesin telusur. Ketika dilakukan dengan tepat dan benar, SEO dapat membantu website Anda berada di posisi atau peringkat atas di halaman pertama hasil pencarian sehingga dapat dilihat dan kemungkinan besar akan diklik. Visibilitas dan reputasi website Anda menjadi naik.

Pengaruh Web Hosting Pada SEO.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, web hosting tidak banyak dikaitkan sebagai faktor SEO, tetapi menjadi salah satu yang penting karena untuk beberapa hal. Berikut ini adalah ulasan singkatnya.

1. Kecepatan website.

Google telah mengumumkan bahwa kecepatan website sebagai faktor peringkat, baik yang diakses melalui desktop maupun seluler. Waktu pemuatan halaman website yang cepat memiliki rasio konversi seperti klik iklan, pembelian produk, pengisian form dan lain sebagainya yang lebih tinggi. Halaman website yang dimuat lambat menyebabkan rasio pentalan (bounce rate) tinggi. Pengunjung (visitor) menjadi tidak sabar dan meninggalkan website Anda untuk beralih ke website kompetitor.

Memilih web hosting yang berkualitas dan berperforma tinggi dapat memberi pengaruh pada halaman website bisa dimuat cepat dan pada akhirnya memiliki peringkat yang baik di SERP. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan bahwa web hosting yang digunakan berfokus pada kinerja dan mengakomodir kebutuhan website. Dengan performa maksimal dari web hosting, kecepatan website juga akan teroptimasi dengan baik.

2. Server downtime.

Server downtime artinya server web hosting yang tidak berfungsi, tidak bekerja atau mati. Jika website berada di server yang sedang tidak berfungsi atau mati, maka website tidak dapat diakses. Server downtime sangat merugikan. Anda berpotensi kehilangan konversi seperti klik iklan, penjualan produk, pengisian form dan lain sebagainya. Ini dapat mengecewakan pelanggan atau pengunjung. Mereka beranggapan website Anda tidak dapat diandalkan dan kemungkinan tidak akan kembali lagi.

Server downtime juga mempengaruhi SEO. Karena website tidak dapat diakses akibat dari server downtime, search engine crawler tidak dapat merayapi URL atau halaman website Anda. Halaman website baru akan dideindeks (deindexed) untuk sementara waktu. Halaman website yang belum diindeks tidak muncul di halaman hasil pencarian mesin telusur. Jika server downtime sering terjadi, search engine crawler menjadi semakin jarang merayapi website Anda (crawl budget).

3. Lokasi server.

Lokasi server menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih web hosting. Anda perlu mengetahui dimana saja lokasi server dari penyedia layanan web hosting. Adakah lokasi server yang dekat dengan mayoritas pengunjung website Anda? Memilih server yang terletak dekat dengan mayoritas pengunjung berpengaruh pada kecepatan website yang lebih baik. Misalnya, Anda membuat website portal berita berbahasa Indonesia, memilih server yang berlokasi di Indonesia menjadikan halaman website dimuat lebih cepat.

Lokasi server website juga menjadi pertimbangan search engine menentukan hasil pencarian paling relevan. Setiap website memiliki IP unik sesuai lokasi geografis. Jika lokasi server dekat atau sama dengan geografis pengunjung (visitor), maka Google dapat dengan mudah mengarahkan pengunjung ke website Anda. Google lebih suka mengaitkan pengunjung lokal dengan website di area yang sama.

4. Keamanan.

Sistem keamanan web hosting menjadi salah satu pertimbangan penting. Anda perlu memilih web hosting yang memiliki keamanan baik seperti proteksi malware, enskripsi HTTPS aktif, dan lain sebagainya. Keamanan website telah menjadi prioritas Google. Google sendiri menyatakan bahwa HTTPS menjadi salah satu sinyal pemeringkatan, meskipun diklarifikasi sebagai sinyal pemeringatan "ringan". Namun, ini jangan dianggap bahwa HTTPS bukan sesuatu yang menjadi prioritas.

HTTPS memiliki keunggulah keamanan dan kecepatan sehingga halaman website dapat dimuat lebih cepat, aman, dan juga hemat bandwith. Persepsi pengunjung terhadap keamanan website menjadi meningkat. Pengunjung (visitor) tidak perlu ragu memasukkan data pada formulir online ketika melakukan transaksi. HTTPS menggunakan teknologi HTTP/2 (HTTP versi 2). Web browser modern seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox hanya membolehkan penggunaan HTTP/2 melalui HTTPS.

5. Jenis web hosting.

Ada beberapa jenis web hosting yang bisa Anda pilih dan gunakan seperti free web hosting, shared web hosting, Virtual Private Server (VPS), dedicated web hosting, cloud web hosting dan managed web hosting. Yang manapun pilihannya, Anda akan mendapatkan sumber daya dan fitur berbeda yang dapat mempengaruhi SEO. Oleh karena itu, cukup penting mengetahui jenis web hosting sebelum menentukan pilihan.

Sebagai contoh, Anda menggunakan shared web hosting. Di dalam server yang sama terdapat banyak website, tidak hanya website Anda. Semua website harus berbagi sumber daya server. Jika website Anda berbagi server dengan banyak website lain, maka performanya akan menurun saat terjadi lonjakan lalu lintas dan ini berdampak negatif pada SEO. Penurunan performa dapat dihindari seandainya menggunakan Virtual Private Server (VPS) atau dedicated web hosting.

6. Dukungan teknis.

Meskipun Anda memilih penyedia layanan hosting (web hosting provider) dan jenis web hosting yang bagus, ini tidak menjamin website terus berjalan baik. Seiring waktu, website bisa saja tidak dapat diakses karena masalah pada web hosting seperti server downtime dan kinerja tidak terduga lainnya. Semua masalah ini dapat berpengaruh pada SEO. Di sinilah, dukungan teknis dari penyedia layanan web hosting diperlukan.

Pastikan penyedia layanan web hosting memberikan dukungan teknis 24 jam penuh dengan teknisi yang handal dan mumpuni. Anda dapat meminta bantuan atau melaporkan masalah yang dialami melalui chat atau obrolan. Semakin cepat masalah pada web hosting ditangani, semakin cepat website Anda bisa diakses kembali sehingga pengaruh negatif pada SEO dapat diminimalkan.

SILAHKAN BAGIKAN ARTIKEL INI!
Pin It