Anda mungkin pernah mendapatkan email dengan file attachment sebuah dokumen dalam bahasa berbeda dari yang Anda kuasai. Anda mungkin pernah mengunduh (download) file atau dokumen dari internet namun menggunakan bahasa berbeda dengan yang Anda kuasai. Anda ingin secepatnya mengetahui isi dokumen tersebut. Anda akhirnya menggunakan tool peterjemah online milik Google, Google Translate. Dokumen dengan cepat langsung diterjemahkan ke bahasa Anda.

Google Translate adalah tool peterjemah online yang bisa digunakan gratis. Untuk menggunakan Google Translate, Anda tidak perlu masuk ke akun Google karena tool ini tersedia untuk siapa saja. Umumnya, pengguna Google Chrome menggunakan Google Translate untuk menterjemahkan kata, frasa, kalimat yang mereka ketikkan langsung atau paragraf yang mereka salin dari halaman web, namun Google Translate juga menterjemahkan dokumen yang diunggah (upload).

Baca artikel Menterjemahkan Dokumen Word Ke Bahasa Berbeda

Bagaimana dengan hasil terjemahan Google Translate? Tentu saja tidak 100% akurat. Google Translate menterjemahkan kata, frasa, kalimat, paragraf atau dokumen menggunakan penterjemah mesin (mechine translation). Mungkin untuk kata, frase atau kalimat, hasil terjemahan bisa lebih akurat, namun untuk paragraf dan dukumen pajang, keakuratan hasil terjemahan berkurang. Hasil terjemahan dari tool peterjemah online bisa digunakan bila Anda perlu cepat memahami isi dokumen.

Baca artikel Menterjemahkan Laman Website Ke Bahasa Berbeda Di Browser Microsoft Edge

Bagaimana dengan dokumen resmi? Banyak tool penterjemah online selain Google Translate juga menyediakan jasa peterjemah yang dilakukan oleh penterjemah profesional. Ketika Anda tidak puas dengan hasil terjemahan mesin, Anda bisa meminta bantuan penterjemah profesional mereka yang bersertifikat untuk menterjemahkan dokumen resmi Anda. Tentu saja Anda harus mengeluarkan biaya untuk menggunakan jasa penterjemah profesional mereka.

Untuk menterjemahkan dokumen menggunakan Google Translate, jalankan terlebih dahulu browser Google Chrome, buka halaman web Google Translate dan kemudian klik tombol Documents untuk mengunggah (upload) dokumen yang ingin diterjemahkan.

Menterjemahkan dokumen ke bahasa berbeda dengan Google Translate

Kemudian klik tombol Browse your computer untuk mengambil dokumen yang akan diterjemahkan dari komputer lokal Anda. Dokumen bisa dalam format file DOX, DOXC, ODF, PDF, PPT, PPTX, PS, RTF, TXT, XLS dan XLSX.

Menterjemahkan dokumen ke bahasa berbeda dengan Google Translate

Di kotak dialog Open yang muncul, tentukan dengan menyeleksi atau menyorot dokumen (1) yang ingin diterjemahkan dan kemudian klik tombol Open (2). Di contoh ini, format file untuk dokumen adalah DOCX (Microsoft Word).

Menterjemahkan dokumen ke bahasa berbeda dengan Google Translate

Setelah dokumen diunggap (upload) ke Google Translate, tentukan bahasa dari dokumen yang ingin diterjemahkan dengan mengklik anak panah di sebelah kiri (1), kemudian tentukan bahasa dokumen akan diterjemahkan dengan mengklik anak panak di sebelah kanan (2) dan selanjutnya klik tombol Translate (3). Di contoh ini, bahasa dokumen adalah Indonesia (4) dan akan diterjemahkan ke bahasa Inggris (5).

Menterjemahkan dokumen ke bahasa berbeda dengan Google Translate

Hasil terjemahan dokumen dari bahasa Indoneisa ke bahasa Inggris langsung ditampilkan. Jika Anda mengarahkan cursor ke setiap kalimat, maka kalimat atau teks bahasa asal dokumen (bahasa Indonedia akan ditampilkan. Untuk menggunakan hasil terjemahan ini, salin dan letakkan (copy and paste) ke dokumen baru Microsoft Word.

Menterjemahkan dokumen ke bahasa berbeda dengan Google Translate
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It