Internet merupakan perpustakaan digital terbesar di dunia. Anda dapat mencari dan menemukan konten apa saja di dalamnya. Internet dapat dipastikan memiliki konten untuk hampir semua pengguna. Ini dapat menjadi hal baik untuk orang dewasa yang sedang mencari informasi, namun tidak demikian dengan anak-anak. Sangat banyak konten di internet yang tidak ramah anak atau konten yang tidak sesuai atau relevan dengan mereka.

Sebagai orang tua, Anda tentu tidak ingin anak-anak mencari informasi di internet tanpa pengawasan. Anda tentu sangat berharap mereka menemukan konten yang dicari namun tetap ramah anak. Hal ini menjadi sulit bila masih menggunakan mesin pencari (search engine) standar seperti Google, Bing atau Yahoo!. Agar anak-anak dapat melakukan aktivitas browsing internet dan menemukan konten yang ramah untuk mereka, diperlukan mesin pencari yang dibuat khusus untuk anak-anak.

Baca artikel:

Mesin pencari khusus untuk anak-anak (search engine for kids) adalah platform yang dirancang secara khusus untuk menemukan konten teks, gambar dan video yang ramah anak. Mesin pencari untuk anak-anak umumnya sangat ramah pengguna (ultra-user friendly) dan lebih visual. Dengan mesin pencari khusus untuk anak-anak, diharapkan anak-anak dapat menemukan konten yang memang pantas untuk mereka.

Baca artikel:

Tentu saja, mesin pencari khusus untuk anak-anak tidak menjamin bahwa hasil pencarian adalah konten yang ramah dan relevan untuk mereka namun demikian kesesuaiannya lebih tinggi untuk mereka bila dibandingkan dengan mesin pencari standar umumnya. Setidaknya, mesin pencari khusus untuk anak-anak ini dapat mengurangi kekhawatiran orang tua. Berikut ini adalah 5 mesin pencari terbaik khusus untuk anak-anak:

1. Kiddle.

Search engine terbaik khusus untuk anak-anak

Kiddle (kiddle.co) adalah mesin pencari (search engine) visual yang ramah dan aman untuk anak-anak. Meskipun pada dasarnya mirip dengan Google, namun Kiddle memiliki filter pencarian aman yang memungkinkan orang tua merasa yakin bahwa anak-anak tidak terpapar konten yang tidak pantas. Meskipun bukan produk resmi, Kiddle mengklaim ditenagai dan didukung oleh Google serta menggunakan Google SafeSearch sebagai dasarnya.

Baca artikel Mengganti Mesin Pencari Browser Google Chrome Dari Google Ke Kiddle

Kiddle didesain dengan sangat visual sehingga menarik anak-anak. Kiddle memiliki gambar latar bertemakan ruang angkasa dengan hiasan gambar planet dan karakter robot. Di Kiddle, ketika anak-anak menggunakan istilah pencarian yang tidak selayaknya atau yang tidak sesuai, maka halaman kesalahan akan muncul dan tidak memungkinkan mereka untuk melihat konten. Kiddle memiliki tim khusus yang mengolah dan menyortir konten ramah anak.

2. KidsSearch.

Search engine terbaik khusus untuk anak-anak

KidsSearch (kidssearch.com) adalah mesin pencari khusus untuk anak-anak yang juga menggunakan Google SafeSearch. Sebagaimana Kiddle, mesin pencari khusus ini juga aman untuk anak-anak. KidsSearch menawarkan tautan (link) ramah anak melalui direktori yang dikelolanya. Setiap situs ditinjau untuk memastikan bahwa kontennya sesuai, berguna, menyenangkan dan pastinya ramah untuk anak-anak.

KidsSearch dikelola atau dijalankan oleh kelompok nirlaba dengan misi membuat platform yang aman untuk anak-anak ketika mengeksplorasi internet. Untuk memastikan setiap tautan yang ada tetap ramah untuk anak-anak, pengguna KidsSearch dapat mengunduh dan menggunakan JRSurfer yaitu browser ramah anak yang menjadi patner dari KidsSearch. Browser ini memfilter website dan iklan serta memiliki parental control yang bisa dimanfaatkan.

3. DibDabDoo.

Search engine terbaik khusus untuk anak-anak

DibDabDoo (dibdabdoo.com) adalah mesin pencari lain yang juga khusus untuk anak-anak. Mesin pencari ini dibuat oleh ayah empat anak yang beranggapan bahwa anak-anak juga perlu melakukan pencarian di internet namun menyadari bahwa ada banyak konten yang tidak ramah anak. Kemudian dia membuat website yang menggunakan Google Custom Search untuk menyaring konten yang tidak ramah anak. Kombinasi software parental control dan Google Custom Search membantu melindungi anak-anak dari terpapar konten yang tidak sesuai.

4. KidRex.

Search engine terbaik khusus untuk anak-anak

KidRex (alarms.org/kidrex/) adalah mesin pencari yang menyenangkan dan aman untuk anak-anak. Tentu saja aman karena KidRex didukung oleh Google Custom Search dan menggunakan teknologi Google SafeSearch. Google SafeSearch ini akan menyaring konten yang tidak pantas untuk anak-anak dan menghapusnya dari pencarian mereka. Meskipun tidak benar-benar akurat, tetapi teknologi Google SafeSearch dipercaya mampu menghilangkan konten yang paling tidak pantas.

Bila diperhatikan, KidRex memiliki antarmuka (user interface) yang sangat menarik untuk anak-anak. Antarmuka KidRex adalah gambar krayon Dinosaurus yang sedang berjaga-jaga. Ini menggambarkan bahwa KidRex sangat peduli dengan anak-anak saat mereka sedang mencari informasi di internet dan memastikan bahwa konten yang sesuai untuk mereka yang hanya ditampilkan.

5. WackySafe.

Search engine terbaik khusus untuk anak-anak

WackySafe (wackysafe.com) adalah mesin pencari khusus untuk anak segala usia. Sebagaimana mesin pencari lain khusus untuk anak-anak, WackySafe juga bertujuan untuk memastikan bahwa mereka tetap aman saat menjelajah internet dan akan mendapatkan konten yang pantas dan sesuai. WackySafe juga didukung oleh Google Custom Search dan serta menggunakan teknologi Google SafeSearch.

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It