Cara Mengetahui Tipe Enkripsi Yang Digunakan Wireless Router

Jaringan wireless adalah jaringan nirkabel (tanpa kabel) yang menggunakan gelombang radio untuk berkomunikasi antar perangkat yang terhubung. Jaringan wireless lebih mudah dibuat, dikelola dan jika terjadi masalah, juga lebih mudah ditangani bila dibandingkan dengan jaringan kabel (wired). Jaringan wireless dibagi dua yaitu jaringan wireless ad-hoc dan jaringan wireless infrastruktur.

Jaringan wireless saat ini bisa menjadi pilihan yang tepat karena banyak perangkat seperti desktop, laptop, tablet dan smartphone memiliki wireless network adapter. Jaringan wireless infratruktur memerlukan access point berupa wireless router. Komunikasi yang terjadi antara satu atau lebih perangkat di jaringan wireless menggunakan perantara wireless router.

Baca artikel:

Secara teknis, jaringan wireless tidak seaman jaringan kabel (wired). Di jaringan kabel, data dikirim dari dari satu komputer ke komputer lain menggunakan kabel. Di sisi lain, jaringan wireless menyiarkan (broadcast) data ke segala arah ke setiap perangkat yang masih dalam jangkauan. Oleh karena itu, implementasi keamanan pada jaringan wireless sangat diperlukan.

Baca artikel Menghapus Profil Jaringan Wireless Yang Tersimpan Di Microsoft Windows

Implementasi keamanan jaringan wireless infrastruktur adalah dengan cara mengaktifkan enkripsi pada wireless router. Implementasi keamanan pada jaringan wireless mencegah orang yang tidak berkepentingan terhubung ke jaringan wireless dan data yang dikirim juga akan dienkripsi. Mengenkripsi adalah salah satu langkah penting untuk mengamankan jaringan wireless sehingga ini tidak dapat diabaikan.

Baca artikel Melihat Atau Mengetahui Password Wi-Fi Yang Tersimpan Di Windows 10

Ketika enkripsi diaktifkan, jaringan wireless memerlukan password sehingga tidak setiap orang dapat terkoneksi. Namun, tidak hanya password saja yang penting, tipe enkripsi yang digunakan juga penting. Ada beberapa tipe enkripsi yang didukung kebanyakan router yaitu WEP, WPA dan WPA2. Beberapa wireless router keluaran tahun 2019 atau yang lebih baru ada yang sudah mendukung WPA3.

WEP (Wired Equivalent Privacy) pernah menjadi standar dan merupakan metode keamanan jaringan wireless yang pertama. WEB mempunyai banyak kelemahan keamanan dan juga sulit dikonfigurasi. Setelah WEB adalah WPA (Wi-Fi Protected Access). WPA diperkenalkan sebagai peningkatan keamanan atas WEB. Namun, karena WPA masih mengadopsi beberapa fitur WEB, WPA akhirnya juga dianggap kurang aman.

WPA kemudian digantikan WPA2 (Wi-Fi Protected Access II) dengan membawa peningkatan yang sangat signifikan yaitu penggunaan algoritma AES (Advanced Encryption Standard) dan TKIP (Temporal Key Integrity Protocol). Meskipun WPA2 masih bisa disadap namun perlu usaha keras dan waktu lebih lama. Sampai saat ini, WPA2 dianggap tipe enkripsi paling baik dan aman dibandingkan dengan WEP dan WPA.

Bila wireless router Anda mendukung tipe enkripsi WEP, WPA dan juga WPA2, Anda sangat dianjurkan untuk menggunakan tipe enkripsi WPA2. Lalu, bagaimana cara mengetahui tipe enkripsi yang digunakan wireless router? Berikut ini adalah cara untuk mengetahui atau memeriksa tipe enkripsi yang digunakan wireless router melalui Windows 10:

Klik ikon koneksi Wi-Fi di taskbar (1) dan kemudian klik Properties (2) dari koneksi Wi-Fi aktif yang sedang digunakan.

Cara mengetahui tipe enkripsi yang digunakan wireless router

Di jendela Windows Setting untuk koneksi Wi-Fi yang digunakan, gulung ke bawah, cari detail Wi-Fi di bawah kelompok Properties dan Anda akan menemukan tipe enkripsi yang digunakan wireless router.

Cara mengetahui tipe enkripsi yang digunakan wireless router
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It