Melihat performa Graphics Processing Unit (GPU) melalui Task Manager Windows

Sebagai pengguna Microsoft Windows, Anda pastinya sudah mengetahui bahwa pada tanggal 17 Oktober yang lalu, Microsoft telah merilis update utama untuk Microsoft Windows 10 dari Creators Update (version 1703) ke Fall Creators Update (version 1709). Sebagaimana biasanya, update utama yang dilakukan Microsoft ini sudah pasti membawa fitur-fitur baru dan juga sejumlah peningkatan pada fitur yang sudah ada sebelumnya.

Salah satu peningkatan fitur di Microsoft Windows 10 Fall Creators Update ini terdapat pada Task Manager. Sebagai pengguna Microsoft Windows biasa, Anda mungkin jarang menggunakan Task Manager, kecuali bila mendapati proses atau program sedang mengalami masalah, tidak bisa dimatikan melalui cara biasa dan harus mematikannya melalui Task Manager.

Sekarang, melalui Task Manager di Microsoft Windows 10 Fall Creators Update, Anda dapat melihat performa kartu grafis yang terdapat di komputer Anda, baik untuk kartu grafis yang terintegrasi (integrated graphics card) maupun kartu grafis yang berdiri sendiri (dedicated graphics card). Komputer saat ini semestinya memiliki kartu grafis, minimal kartu grafis yang terintegrasi dengan mainboard untuk mendukung program atau aplikasi yang membutuhkan pengolahan grafis tinggi.

Peningkatan fitur Task Manager ini tentunya disambut baik oleh pengguna Microsoft Windows, khususnya bagi kalangan gamer. Dengan adanya peningkatan ini, untuk melihat performa GPU tidak diperlukan lagi software dari pihak ketiga (third-party software). Sekarang, Anda sudah dapat melihat proses atau aplikasi mana yang dominan menggunakan GPU, baik untuk integrated graphics card maupun dedicated graphics card.

Tekan kombinasi tombol keyboard Ctrl+Alt+Del untuk menampilkan opsi interupsi fungsi dan kemudian pilih Task Manager. Di jendela Task Manager yang muncul, klik More details.

Melihat performa Graphics Processing Unit (GPU) melalui Task Manager Windows

Task Manager berganti dengan tampilan rinci dan standar tab aktif adalah tab Processes. Di sini, Anda dapat melihat performa GPU per aplikasi atau per proses. Dua kolom paling kanan, kolom GPU dan GPU Engine, adalah dua kolom baru yang mulai ada di Task Manager Windows 10 Fall Creators Update. Kolom GPU Engine menampilkan GPU mana yang sedang digunakan oleh aplikasi atau proses.

Melihat performa Graphics Processing Unit (GPU) melalui Task Manager Windows

Untuk melihat performa GPU, klik tab Performance. Di sini Anda dapat melihat CPU, Memory, Disk, Ethernet, WiFi dan juga GPU. Anda dapat melihat ada dua GPU ditampilkan. Ini menandakan bawah performa untuk integrated dan dedicated GPU ditampilkan secara terpisah.

Melihat performa Graphics Processing Unit (GPU) melalui Task Manager Windows

Task Manager juga menampilkan grafik untuk 3D, copy, video encode, video decode, dedicated memory dan juga shared memory. Di bagian bawah juga ditampilkan ringkasan performa GPU saat ini. Ringkasan performa GPU meliputi penggunaan GPU, driver version, driver date, DirectX version dan lain sebagainya.

Melihat performa Graphics Processing Unit (GPU) melalui Task Manager Windows

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner