Beberapa Metoda Kunci Program Applet Java

Untuk lebih melengkapi artikel kali ini, Anda dapat mempelajari dua artikel lainnya yang terkait dengan applet Java yaitu Mengenal Dan Memahami Applet Java dan Mengkompilasi Dan Menjalankan Program Applet Java. Penekanan artikel kali ini lebih kepada beberapa metoda kunci yang dieksekusi saat program applet dijalankan. Ketika applet container atau web browser memuat halaman web yang berisi program applet, applet dimuat ke dalam web browser dan memulai eksekusi.

Applet container akan membuat obyek tipe applet dan kemudian mengeksekusi lebih dari 200 metoda. Bila metoda-metoda applet tersebut tidak didefinisikan ulang (overridden method) di program applet yang dibuat, maka applet container akan mengeksekusi metoda versi turunan.

Dalam mendefinisikan ulang metoda applet di program applet, metoda harus ditulis sama persis dengan versi aslinya, bila tidak, applet container tidak akan mengeksekusi metoda tersebut.

Applet container akan mengeksekusi metoda yang Anda definisikan ulang terlebih dahulu sebelum mencoba mengeksekusi versi turunan. Namun, semua tergantung web browser itu sendiri untuk mengeksekusi metoda di applet.

Pengecualian untuk metoda paint, metoda applet dideklarasikan oleh Java API sehingga tidak akan memproses sesuatu kecuali mendefinisikan ulang di program applet. Berikut ini adalah beberapa metoda kunci yang akan dieksekusi oleh applet container saat program applet dimuat di web browser.

Tabel Beberapa Metoda Kunci Applet Java

Metoda Keterangan
init() Metoda ini dipanggil sekali oleh applet container ketika applet dimuat untuk eksekusi. Metoda ini melakukan penginisialisasian applet. Aksi yang dilakukan antara lain penginisialisasian data field, memuat gambar untuk ditampilkan, memuat suara untuk dimainkan serta membuat komponen GUI.
start() Metoda ini dipanggil setelah metoda init() menyeleseikan eksekusi. Metoda ini juga dipanggil kapanpun applet aktif kembali. Salah satu aksi yang dilakukan adalah memulai animasi.
paint() Metoda ini dipanggil setelah metoda init() menyeleseikan eksekusi dan metoda start() telah mulai. Metoda ini juga dipanggil setiap saat applet ditampilkan kembali. Aksi yang dilakukan adalah menggambar melalui parameter g yang mengacu ke obyek kelas Graphics yang diberikan ke metoda paint() oleh applet container.
stop() Metoda ini dipanggil saat applet menghentikan eksekusi. Ketika pengguna browser menanggalkan halaman HTML di mana applet berada. Metoda melakukan tugas apapun yang diperlukan untuk menunda eksekusi applet.
destroy() Metoda ini dipanggil ketika browser keluar (exit) secara normal (jendela browser ditutup). Salah satu aksi yang dilakukan adalah melepas semua sumber daya yang dialokasikan untuk applet.
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It