Menggunakan numeric keypad pada laptop
Menggunakan Numeric Keypad Pada Laptop

Apa numeric keypad itu? Bila diperhatikan, di sisi kanan dari keyboard PC standar, ada sekelompok tombol (key) berjumlah 17 yang tersusun menyerupai model kalkulator untuk memasukkan data angka dengan lebih mudah, cepat dan akurat. Kelompok tombol ini yang disebut dengan numeric keypad. Ke-17 key atau tombol tersebut adalah tombol angka 0 - 9, tombol Tambah, tombol Kurang, tombol Bagi, tombol Kali, tombol Desimal, tombol Num Lock dan tombol Enter.

Numeric keypad, yang disebut juga dengan number pad, numeric keyboard atau numpad, umumnya ditemukan pada keyboard PC standar dan tidak pada keyboard laptop. Sekarang ini, mulai banyak juga pabrikan keyboard PC yang meniadakan numeric keypad untuk mengurangi ukuran keyboard sehingga lebih kecil dan ringkas. Numeric keypad sendiri juga jarang digunakan. Ini yang mendasari desain keyboard laptop menghilangkan numeric keypad.

Untuk beberapa jenis pekerjaan, numeric keypad masih diperlukan. Mereka yang bekerja dengan aplikasi spreadsheet atau kalkulator dan akuntan masih membutuhkan numeric keypad untuk memasukkan data angka dengan cepat dan tepat. Tentu saja, bila Anda sangat memerlukan numeric keypad untuk pekerjaan, Anda dapat menggunakan numeric keypad eksternal (standalone keypad).

Cara menggunakan numeric keypad atau numpad pada laptop

Layout numeric keypad memberi kemudahan ketika memasukkan angka dengan cepat dan akurat meskipun tanpa melihat. Selain untuk memasukkan angka, numeric keypad juga memiliki fungsi khusus ketika dikombinasikan dengan tombol Alt. Kombinasi tombol Alt dan serangkaian angka pada numeric keypad digunakan untuk memasukkan karakter khusus (special charaters) yang tidak terdapat di keyboard.

Misalnya, karakter khusus spasi dihasilkan dengan menekan dan menahan tombol Alt dan kemudian mengetik angka 0160 pada numeric keypad. Anda tidak dapat menggunakan tombol angka di bagian atas dari keyboard laptop. Contoh lainnya, simbol derajat (degree) adalah Alt+0176, simbol hak cipta (copyright) adalah Alt+0169 dan lain sebagainya. Menyisipkan simbol dengan cara demikian lebih cepat dibandingkan menyisipkan simbol atau karakter khusus melalui symbols library, terlebih lagi bila penyisipan simbol dilakukan berulang-ulang.

Apakah numerik keypad benar-benar tidak ada di keyboard laptop? Sebenarnya numeric keypad tetap ada di keyboard laptop, namun kelompok tombolnya tersembunyi. Laptop didesain sebagai perangkat portabel. Segala sesuatu yang ada di laptop lebih kompak, termasuk juga keyboard laptop. Fungsi numeric keypad di laptop dibuat dengan tombol biasa dan untuk menggunakannya, Anda perlu mengaktifkan dengan tombol NumLock atau NumLK terlebih dahulu.

Cara menggunakan numeric keypad atau numpad pada laptop

Di keyboard laptop Acer Aspire E5-471G yang penulis gunakan, tombol NumLK menjadi satu dengan F11. Ketika tombol NumLK belum diaktifkan (Off), semua tombol di keyboard laptop bertindak sebagai tombol biasa. Menekan tombol 2 akan tercetak 2. Ketika tombol NumLK diaktifkan (On), menekan tombol yang sama akan berfungsi sebagai tombol numeric keypad seperti yang ada pada keyboard PC standar.

Anda dapat perhatikan tombol keyboard laptop. Tombol 7, 8 dan 9 pada keyboard laptop adalah juga tombol teratas yang ada pada numeric keypad dari keyboard PC standar. Di laptop, fungsionalitas tombol numeric keypad pada keyboard PC standar diberikan ke tombol lain. Misalnya, tombol 0 pada numeric keypad dari keyboard PC standar adalah tombol M pada numeric keypad dari keyboard laptop. Contoh lainnya, tombol 4 adalah tombol U, tombol 3 adalah tombol L dan sebagainya.

Cara menggunakan numeric keypad atau numpad pada laptop

Produk Numeric Keypad Eksternal.

Bila Anda kesulitan atau menganggap kurang praktis memasukkan data angka melalui numeric keypad pada keyboard laptop, Anda dapat menggunakan numeric keypad eksternal. Numeric keypad eksternal membantu Anda dalam memasukkan data angka dengan cepat dan tepat ke laptop. Ada banyak numeric keypad eksternal dijual di pasaran, baik yang wireless maupun wired.

BEESCLOVER R57 numeric keypad multimedia wirelass 24Ghz 35 buttons

BEESCLOVER R57 Numeric Keypad Multimedia Wirelass 24Ghz 35 Buttons

Beli di Shopee
ETMAKIT 1194 numeric keypad numpad wireless 24Ghz

ETMAKIT 1194 Numeric Keypad Numpad Wireless 24Ghz

Beli di Shopee
ETMAKID K24 numeric keypad numpad wired USB

ETMAKIT K24 Numeric Keypad Numpad Wired USB

Beli di Shopee
SILAHKAN BAGIKAN ARTIKEL INI!
Pin It