Browser Firefox Quantum

Apa yang ditunggu-tunggu oleh pencinta browser Mozilla Firefox adalah update utama browser Firefox ke versi 57.0 atau yang dikenal dengan nama Firefox Quantum. Akhirnya, pada 14 November 2017 kemarin, Mozilla merilis secara umum update browser Firefox ke Firefox Quantum. Rilis update kali ini memang berbeda dari update browser Firefox sebelumnya. Di Firefox Quantum, Mozilla benar-benar melakukan update terbesar yang pernah ada sejak Firefox 1.0 diluncurkan pada tahun 2004.

1. Peningkatan kecepatan.

Pertama kali yang dapat dirasakan dari Firefox Quantum ini adalah peningkatan kecepatan yang cukup signifikan. Mozilla sendiri telah melakukan pengujian kecepatan dengan membandingkan Firefox Quantum dengan versi Firefox sebelumnya dan juga Google Chrome. Mozilla menyatakan hasil yang berbeda tergantung dari komputer dan juga aplikasi web modern yang digunakan, namun Firefox Quantum secara konsisten meningkat kira-kira 2x lebih cepat dari Firefox versi sebelumnya.

Browser Firefox Quantum
Image from blog.mozilla.org

2. Penggunaan memori yang lebih sedikit.

Disamping peningkatan kecepatan, Firefox Quantum juga menggunakan memori yang lebih sedikit apabila dibandingkan Google Chrome. Setiap Anda membuka laman web di tab baru, Google Chrome akan membuat proses terpisah. Jika Anda membuka 10 laman web di sepuluh tab Google Chrome, Anda akan memiliki 10 proses berbeda. Setiap proses ini memiliki memorinya sendiri sehingga semakin banyak laman web yang dibuka di tab Google Chrome, kebutuhan memori akan semakin besar.

Berbeda dengan Google Chrome, pendekatan proses yang lebih konservatif di Firefox Quantum memberikan dampak penggunaan memori yang lebih sedikit. Secara standar, Firefox Quantum membuat hingga 4 proses terpisah untuk laman web yang dikunjungi. Empat laman web pertama yang dibuka di masing-masing tabnya membuat empat proses, sedangkan laman web baru yang dibuka di tab selanjutnya akan menggunakan thread (proses ringgan) di dalam empat proses yang sudah ada tersebut.

Browser Firefox Quantum
Image from blog.mozilla.org

3. Antarmuka (interface) yang dimodifikasi.

Di Firefox Quantum, Mozilla memperkenalkan antarmuka (interface) baru yang disebut dengan Photon dan meninggalkan interface lamanya, Australis. Interface Photon ditujukan untuk membangun dan merancang pengalaman pengguna yang lebih modern, intuitif dan menyenangkan. Sistem design Photon sendiri memuat guidelines, UI components, template dan sumber daya lainnya.

Photon memodernisasi dan menyatukan berbagai hal sambil memanfaatkan mesin barunya yang cepat. Dengan interface baru ini, Firefox tampil sangat baik di berbagai layar. Firefox juga dipastikan terlihat dan berfungsi baik di perangkat manapun yang Anda gunakan. Perancang Photon telah membuat system yang berskala lebih besar daripada perangkat keras yang ada saat ini yang memungkinkannya tetap berkembang di masa depan.

Browser Firefox Quantum
Image from blog.mozilla.org

4. Firefox Quantum adalah awal.

Firefox versi 57.0 (Firefox Quantum) merupakan tonggak sejarah browser baru Mozilla. Di Firefox Quantum, update besar-besaran dilakukan. Browser Firefox kini lebih cepat, lebih sedikit mengkonsumsi memori, lebih ringan dan lebih lancar. Namun ini bukan berarti selesai. Di update Firefox berikutnya, Mozilla akan kembali menyertakan fitur-fitur baru seperti Quantum Render terkait optimasi GPU dan Quantum DOM terkait optimasi tab-tab aktif Firefox.