Joomla adalah salah satu aplikasi kategori CMS untuk mengelola konten web dengan lebih mudah. Sebagai sebuah CMS, Joomla memiliki fitur yang sangat lengkap terkait dengan pengelolaan konten web termasuk juga berbagai file pendukung seperti file-file media. Sebagai sebuah CMS, Anda dapat menggunakan Joomla untuk membangun berbagai jenis situs seperti ecommerce, website dan juga blog.

Banyak blog di Indonesia dibuat dengan platform Blogger atau CMS Wordpress. termasmedia.com adalah salah satu contoh dari sedikit blog yang dibuat dengan CMS Joomla. Sebagai sebuah blog, pengelolaan konten merupakan aktifitas rutin yang dilakukan setiap saat. Salah satu pengelolaan konten blog adalah menghapus artikel yang sudah dianggap usang, yang sudah tidak up-to-date. Mengapa harus menghapus artikel, tidak diedit saja?

Baca artikel terkait:

Awal blog termasmedia.com ini dibuat, banyak judul artikel yang dibuat spesifik, misalnya "Cara Mencegah Pembaruan (Update) Di Windows 7". Judul artikel seperti ini mempunyai masanya. Ketika pengguna Windows 7 beralih ke Windows 10, maka artikel sudah dapat dikatakan usang, tidak up-to-date. Artikel yang usang seharusnya dihapus dan diganti dengan artikel baru yang lebih sesuai untuk pengguna Windows saat ini.

Baca artikel Mengapa Blog Termasmedia Mengganti Sistem Komentar Facebook Dengan Disqus? Ini Jawabannya

Menghapus artikel lama juga tidak asal. Anda perlu ingat bahwa artikel tersebut sudah terindeks oleh mesin pencari (search engine). Bila Anda menghapus artikel begitu saja dapat berakibat pada optimasi atau SEO blog yang menurun. Anda perlu melakukan pengalihan (redirect) artikel dari artikel lama ke artikel baru agar tidak menimbulkan hilangnya visitor blog. Artikel ini tidak terkait SEO Joomla, tetapi lebih kepada bagaimana menghapus artikel Joomla secara permanen.

Baca artikel terkait SEO:

Ketika Anda menghapus artikel Joomla, artikel tersebut tidak benar-benar dihapus dari situs Joomla. Joomla mejaga artikel tersebut tetap ada. Bila dikemudian hari Anda memerlukan lagi, Anda dapat mengambil dan mempublikasikannya lagi. Untuk benar-benar menghapus artikel Joomla secara permanen, berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Masuk terlebih dahulu ke panel admin Joomla, klik menu Content (1) dan kemudian pilih Articles (2).

Menghapus artikel Joomla secara permanen

Untuk mempercepat pencarian artikel yang akan dihapus permanen, masukkan kata atau frase dari artikel tersebut, misalnya "Windows 7" (1) dan kemudian klik tombol Search (2).

Menghapus artikel Joomla secara permanen

Dari daftar artikel yang ditampilkan, beri tanda centang di kotak centang dari setiap artikel yang ingin dihapus permanen.

Menghapus artikel Joomla secara permanen

Di area laman sebelah kanan atas, klik tombol Trash.

Menghapus artikel Joomla secara permanen

Selanjutnya klik tombol Search Tools (1), pilih nilai Trashed dari kotak tarik turun bawah atau combo box (2) dan sekali lagi beri tanda centang di kotak centak dari artikel yang akan dihapus permanen (3).

Menghapus artikel Joomla secara permanen

Klik tombol Empty trash untuk menghapus artikel secara permanen.

Menghapus artikel Joomla secara permanen

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It

MASUKKAN EMAIL ANDA UNTUK BERLANGGANAN ARTIKEL GRATIS:

Delivered by FeedBurner