Mencetak dokumen adalah pekerjaan yang sering dilakukan setelah selesai membuat dokumen. Terkadang, Anda harus mencetak cukup banyak dokumen. Ketika sedang mencetak dokumen, apakah Anda sering mengalami masalah dokumen macet dalam antrian cetak (print queue)? Ada banyak kemungkinan mengapa hal itu bisa terjadi. Mungkin ada masalah dengan konektivitas atau pada printer itu sendiri.

Namun, cukup sering masalah dokumen cetak yang macet dalam antrian cetak karena print spooler (spooler cetak). Print spooler sendiri adalah file exe (executable) yang menangani proses mencetak. Penanganan proses mencetak meliputi penentuan lokasi driver printer yang tepat, pemuatan driver printer, penjadwalan pekerjaan cetak dan lain sebagainya. Print spooler juga menyimpan banyak dokumen cetak ke dalam antrian cetak.

Baca artikel Mengatasi Masalah Hard Disk Eksternal Yang Tidak Terdeteksi Di Windows

Ketika mendapati dokumen cetak macet dalam antrian, Anda mungkin akan mencoba memperbaiki dengan melakukan restart komputer atau printer. Bila cara tersebut tidak menyelesaikan, Anda dapat mencoba dengan cara mengatur ulang (reset) atau membersihkan (clear) print spooler untuk menghapus pekerjaan cetak yang macet. Ada dua cara mengatur ulang (reset) atau membersihkan (clear) print spooler:

Baca artikel Cara mengaktifkan Atau Menonaktifkan Fitur Berbagi File Dan Printer Di Microsoft Windows

1. Melalui Windows service.

Tekan tombol keyboard Windows+R untuk menjalankan atau membuka kotak dialog Run, ketikkan services.msc dan kemudian klik tombol OK (2) atau tekan tombol keyboard Enter.

Cara memperbaiki masalah spooler printer di Microsoft Windows

Di jendela Service yang muncul, cari Print Spooler dan kemudian klik ganda (double-click) untuk menampilkan kotak dialog Print Spooler Properties.

Cara memperbaiki masalah spooler printer di Microsoft Windows

Di kotak dialog Print Spooler Properties (Local Computer) yang muncul, di tab General (1), klik tombol Stop (2).

Cara memperbaiki masalah spooler printer di Microsoft Windows

Jalankan atau buka kembali kotak dialog Run, ketik C:\Windows\System32\spool\printers dan kemudian klik tombol OK atau tekan tombol keyboard Enter. Seleksi atau sorot semua file yang ada di dalam folder printers dan kemudian hapus (delete).

Kembali lagi ke kotak dialog Print Spooler Properties (Local Computer), masih di tab General (1), klik tombol Start (2) dan kemudian klik tombol OK (3) untuk mengakhiri.

Cara memperbaiki masalah spooler printer di Microsoft Windows

2. Melalui Command Prompt.

Selain cara di atas, Anda juga dapat menggunakan baris perintah (command line) di Command Prompt. Jalankan atau buka terlebih dahulu Command Prompt. Ada beberapa cara menjalankan atau membuka Command Prompt. Anda dapat membaca berbagai cara menjalankan atau membuka Command Prompt melalui link artikel Beberapa Cara Mengakses Atau Menjalankan Command Prompt Di Microsoft Windows 10.

Di jendela Command Prompt yang muncul, Anda perlu mengeksekusi beberapa baris perintah berikut ini:

  • Ketikkan net stop spooler dan tekan tombol keyboard Enter untuk menghentikan (stop) print spooler (1).
  • Ketikkan del /Q /F /S "%systemroot%\System32\Spool\Printers\*.*" dan tekan tombol keyboard Enter untuk menghapus semua file yang ada di folder printers (2).
  • Ketikkan net start spooler dan tekan tombol keyboard Enter untuk memulai (start) print spooler (3).
  • Cara memperbaiki masalah spooler printer di Microsoft Windows

    SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
    Pin It