Mencegah Akses Ke Website Atau Situs Dengan IP Deny Manager

Konten atau artikel di website adalah alasan utama seseorang mengunjungi website Anda. Sebagai pemilik website, Anda juga perlu memantau kehadiran visitor ke website Anda. Perlu diingat, Antar website sendiri juga terjadi persaingan untuk berebut menang di mesin pencari (search engine). Terkadang, visitor website Anda adalah pemilik website lain yang menjadi pesaing Website Anda.

Terkadang, mereka juga berbuat curang dengan menjadi visitor website untuk melakukan hal tertentu pada website Anda, misalnya saja menggunakan banyak bandwidth hosting, memberi komentar yang tidak pastas atau menyenangkan dan lain sebagainya. Di hosting cPanel, Anda dapat memantau semua alamat IP yang masuk ke website Anda melalui fitur Lastest Visitors yang ada di bagian Logs.

Untuk visitor yang demikian, Anda perlu mencegah atau tidak memberi izin mengakses website Anda dengan cara memanfaatkan alamat IP (IP address) dari visitor tersebut. Bila ada alamat IP yang terlihat mencurigakan, Anda dapat mencegah melakukan kunjungan berikutnya ke website Anda. Selain melalui file htaccess, cara lain mencegah akses ke website adalah melalui IP Deny Manager. Berikut ini adalah caranya:

Masuk terlebih dahulu ke akun cPanel Anda. Klik tombol IP Deny Manager yang ada di bagian Security.

Mencegah akses ke website dengan IP Deny Manager

Masukkan alamat IP visitor yang ingin dicegah dari mengakses website Anda dan kemudia tekan tombol Add.

Mencegah akses ke website dengan IP Deny Manager

Anda akan mendapatkan pesan bahwa alamat IP visitor yang dimasukkan tidak akan dapat mengakses website Anda lagi. Klik tombol Go Back untuk kembali ke area IP Deny Manager.

Mencegah akses ke website dengan IP Deny Manager

Alamat IP yang Anda masukkan akan ditampilkan di daftar alamat IP yang dicegah dari mengakses webssite Anda.

Mencegah akses ke website dengan IP Deny Manager
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It