Mengenal nama dan ekstensi domain

Mengenal Nama Dan Ekstensi Domain

Anda memiliki blog atau website, memberi nama domain (domain name) dan menentukan ekstensi domain (domain extension) untuk blog atau website. Anda mungkin telah mengerti apa nama dan ekstensi domain atau mungkin menggunakan nama dan ekstensi domain hasil saran dari orang lain. Terlepas dari itu semua, nama dan ekstensi domain menarik untuk diketahui terutama yang terkait sejarah nama dan beberapa ekstensi domain.

1. Ekstensi domain.

Ekstensi domain atau lebih dikenal dengan Top Level Domain (TLD) adalah akhiran (suffix) yang melekat pada nama domain. Dalam penggunaannya, ekstensi domain selalu didahului dengan tanda titik (.), misalnya saja .com, .org, .net, .gov, .biz dan lain sebagainya. Ekstensi domain dengan tanda titik selalu terletak di akhir atau setelah nama domain.

Anda tentu saja tidak dapat sesuka hati membuat sendiri ekstensi domain dan kemudian menggunakannya. Ekstensi domain yang bisa digunakan adalah yang sudah terdaftar dan diperkenalkan oleh organisasi nonprofit benama Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN).

Tanggung jawab ICANN sebenarnya tidak sebatas pada memperkenalkan ekstensi domain (TLD) baru, tetapi juga pada nama domain dan alamat IP (IP Address) yang masih memiliki kaitan erat. Dalam menjalankan perannya, ICANN dibantu oleh IANA (Internet Assigned Numbers Authority) yang bertanggungjawab menugaskan operator TLD.

Baca artikel:

2. Nama domain.

Bila Anda memiliki blog atau website, lokasi blog atau website Anda di internet sebenarnya berupa alamat IP. Alamat IP ini adalah serangkaian angka, misalnya 119.234.255.43, yang seharusnya digunakan pengunjung (visitor) untuk mengakses blog atau website. Anda bisa membayangkan seandainya pengunjung harus mengingat banyak alamat IP untuk blog atau website yang ingin dikunjunginya.

Baca artikel Cara Mengkonversi Nama Domain Ke IP Address

Karena mempertimbangkan sulitnya mengingat alamat IP, maka diperkenalkan Domain name System (DNS). DNS membolehkan pengunjung (visitor) mengakses blog atau website menggunakan nama yang lebih mudah diingat. Nama inilah yang dimaksud dengan nama domain. Misalnya, Anda akan lebih mudah mengakses blog ini dengan nama dan ekstensi domain "termasmedia.com" dibandingkan dengan alamat IP "119.234.255.43".

Nama domain ditujukan untuk memberi kemudahan kepada Anda, sedangkan alamat blog atau website yang Anda kunjungi tetap menggunakan alamat IP. Nama domain untuk mengunjungi blog atau website perlu dipetakan ke alamat IP yang bersesuaian dan ini menjadi tugas DNS. Anda tidak dipusingkan dengan semua hal yang pemetaan. Anda bisa bayangkan bagaimana mengingat puluhan blog atau website favorit tanpa bantuan DNS.

3. Kategori Top Level Domain (TLD).

Ada beberapa kategori berbeda untuk Top Level Domain yaitu:

  • Generic Top Level Domain (gTLD). gTLD adalah ekstensi domain yang paling umum dan paling akrap untuk kebanyakan orang. Ekstensi domain yang masuk ke dalam kategori ini misalnya .com, .org dan .net.
  • Generic Restricted Top Level Domain. Ekstensi domain yang sebenarnya tidak berbeda jauh dengan gTLD namun digunakan secara terbatas. Untuk mendaftar dan menggunakan ekstensi domain ini, diperlukan beberapa informasi tambahan. Ekstensi domain yang termasuk ke dalam kategori ini misalnya .biz, .pro dan .name.
  • Sponsored Top Level Domain (sTLD). Ekstensi domain yang dikhususkan dan tersedia untuk organisasi atau lembaga spesifik. Ada batasan siapa yang dapat mendaftar dan menggunakannya dan jenis website yang bisa digunakan. Ekstensi domain yang termasuk ke dalam kategori ini misalnya .edu, .gov dan .travel.
  • Country Code Top Level Domain (ccTLD). Masing-masing negara mempunyai ekstensi domain kode negara yang terdiri dari dua huruf. Contoh ekstensi domain kode negara misalnya .id untuk Indonesia, .au untuk Australia, .co untuk Colombia dan .jp untuk Japan.

4. Ekstensi domain paling umum.

Berikut ini adalah beberapa ekstensi domain yang paling umum:

  • .com (commercial). Ekstensi domain ini awalnya terbatas untuk organisasi komersial, namun sekarang dapat digunakan untuk maksud yang lebih umum.
  • .net (network). Ekstensi domain ini pada awalnya untuk organisasi yang mempunyai kaitan erat dengan teknologi jaringan seperti ISP atau perusahaan infrastruktur, namun sekarang dapat digunakan untuk ruang lingkup lebih umum. Anda dapat menggunakan ekstensi domain ini sebagai alternatif untuk ekstensi domain .com.
  • .org (organization). Ekstensi domain ini awalnya untuk organisasi nirlaba atau badan amal, namun batasan tersebut tidak terlalu diberlakukan. Sekarang ekstensi domain ini juga digunakan untuk organisasi seperti sekolah, komunitas, proyek open-source dan lain sebagainya.
  • .gov (goverment). Ekstensi domain ini terbatas hanya untuk organisasi pemerintahan.
  • .mobi (mobile). Digunakan untuk situs yang didesain untuk diakses melalui perangkat mobile.
  • .biz (business). Ekstensi domain yang hanya ditujukan untuk bisnis. Ekstensi domain ini memberikan alternatif untuk bisnis yang nama domain pilihannya sudah digunakan pihak lain.
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It