Fungsi kelas Adapter program Java
Kelas-Kelas Adapter

Di artikel Penanganan MouseEvent Di Java (mouseEntered Dan mouseExited) dan juga Penanganan KeyEvent Di Java (keyPressed Dan keyTyped), Anda dapat mempelajari bagaimana menangani event (aksi) di Java yang terkait dengan mouse dan keyboard. Setiap tipe event mempunyai satu atau lebih interface. Obyek yang berfungsi sebagai pendengar event seperti kelas, inner class, anonymous inner class harus mengimplementasikan interface dari event yang bersesuaian dan mendeklarasikan ulang semua metoda di dalamnya.

Di pemrograman Java, interface bisa memiliki banyak metoda dan tidak semua metoda yang dideklarasikan ulang digunakan dan diberi penangan event (handler). Deklarasi ulang metoda interface tanpa penanganan event (metoda kosong) adalah pemborosan waktu ketika membuka kode (coding) program Java.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan kelas adapter. Kelas adapter adalah kelas yang juga mengimplementasikan interface yang bersesuaian dengan menyediakan implementasi default untuk semua metoda interface berupa blok kosong tanpa pernyataan.

Karena adapter adalah sebuah kelas, maka obyek pendengar event (event listener) adalah kelas atau inner class yang merupakan turunan langsung dari kelas adapter tersebut. Adapter adalah kelas yang mengimplementasikan interface yang bersesuaian sehingga secara tidak langsung kelas turunannya juga sudah mengimplementasikan interface yang bersesuaian pula.

Dengan obyek pendengar event (listener) adalah turunan langsung dari kelas adapter, maka Anda tidak perlu lagi mendeklarasikan ulang semua metoda interface, cukup metoda yang diberi penangan event (handler) saja. Berikut ini adalah tabel dari beberapa kelas adapter:

Kelas-Kelas Adapter Di Java

Kelas-Kelas Adapter Interfes Yang Diimplementasi
MouseAdapter MouseListener
MouseMotionAdapter MouseMotionListener
FocusAdapter FocusListener
ContainerAdapter ContainerListener
KeyAdapter KeyListener
WindowAdapter WindowListener
ComponentAdapter ComponentListener