Bila Anda pengguna Windows 10, sudah ada dua browser di sistem operasi tersebut yaitu Microsoft Internet Explorer dan Microsoft Edge. Microsoft Edge adalah browser baru yang menggantikan browser lama Microsoft Internet Explorer. Meskipun Microsoft Edge jauh lebih baik dari Microsoft Internet Explorer, namun untuk sementara ini fiturnya masih terbatas, sedangkan Microsoft Internet Explorer sendiri pernah mengalami kegagalan dan ditinggalkan oleh para penggunanya.

Karena masih terbatasnya fitur yang ada di browser Microsoft Edge, banyak pengguna Windows 10 menginstal browser lain dari pihak ketiga seperti Google Chrome, Mozilla Firefox atau Opera. Setiap browser mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, misalnya browser dengan dukungan banyak ekstensi, browser dengan performa lebih baik atau browser dengan fitur lebih lengkap. Ini juga yang menjadi alasan lain sebuah komputer memiliki lebih dari satu browser.

Bila komputer windows 10 Anda telah terpasang lebih dari satu browser, satu browser akan menjadi browser default (browser tetap). Jika Anda belum pernah merubah pengaturan, browser default di Windows 10 adalah Microsoft Edge. Ketika Anda mengklik tautan (link) di email atau melakukan aksi yang memicu dijalankannya sebuah browser, maka Microsoft Windows akan menjalankan browser default ini.

Setiap orang tentu mempunyai browser pilihan atau browser yang paling sering digunakan. Di Windows 10, Anda dapat merubah browser pilihan ini menjadi browser default. Ada beberapa cara untuk merubah browser default di Windows 10,misalnya melalui Windows Settings atau langsung melalui browser yang dipilih sebagai browser default.

Klik tombol Start (1) yang ada di sudut kiri bawah dan kemudian pilih Settings (2) untuk membuka jendela Windows Settings. Anda juga bisa menggunakan pintasan keyboard dengan menggunakan kombinasi tombol Win+I.

Merubah atau mengganti browser default di windows 10

Di jendela Windows Settings yang muncul, klik Apps (Uninstall, defaults, optional, features).

Merubah atau mengganti browser default di windows 10

Di jendela Settings - Apps, pastikan Anda berada di tab Default Apps (1), di bagian Web browser, klik browser default saat itu (2) dan dari daftar aplikasi yang muncul, pilih browser yang ingin dijadikan sebagai browser default baru, misalnya Google Chrome (3).

Merubah atau mengganti browser default di windows 10

Sekarang Anda dapat memperhatikan kembali di bagian Web browser. Browser default kini telah berubah dari Microsoft Edge menjadi Google Chrome.

Merubah atau mengganti browser default di windows 10

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It