Di Microsoft Excel, menyeleksi sel (cell) adalah proses awal sebelum Anda melakukan modifikasi atau format sel itu sendiri atau konten di dalamnya. Menyeleksi sel Excel bisa dalam berbagai bentuk. Anda tentu sudah biasa menyeleksi satu sel atau beberapa sel atau kelompok sel (range of cells) seperti menyeleksi kolom, baris, kelompok sel atau beberapa kelompok sel yang berjauhan.

Ketika Anda memiliki tabel Excel yang cukup besar ke kanan dan ke bawah dan ingin melakukan modifikan atau format keseluruhan, Anda perlu menyeleksi semua sel (worksheet). Melakukan modifikasi atau format secara bertahap dengan cara menyeleksi sebagian kecil adalah cara yang menjemukan dan tidak praktis. Anda perlu berkali-kali melakukan ini sampai tabel dimodifikasi atau diformat semua.

Artikel menarik lainnya:

Excel memberi cara cepat untuk menyeleksi semua sel (worksheet) sehingga Anda dapat melakukan modifikasi atau format sekaligus, tidak per bagian kecil. Cara ini tentu lebih cepat bila Anda harus melakukan modifikasi atau format secepatnya. Ada beberapa cara untuk menyeleksi semual sel (worksheet) Excel dengan cepat.

Melalui tombol "Select All".

Bila Anda sedang bekerja dengan Excel menggunakan mouse, cara ini mungkin lebih dipilih. Untuk menyeleksi semua sel (worksheet) Excel, klik tombol "Select All" yaitu tombol segitiga abu-abu di atas heading baris 1 dan di kiri heading kolom A.

Menyeleksi semual sel (worksheet) Excel dengan cepat

Melalui pintasan keyboard CRTL+A.

Cara lain menyeleksi semua sel (worksheet) Excel adalah dengan menggunakan pintasan keyboard (keyboard shortcut) CTRL+A. Menekan tombol keyboard CTRL+A yang pertama akan menyeleksi sekelompok sel (range of cells) yang berisi data. Bila ada baris atau kolom kosong yang memisahkan data, seleksi berakhir. Menekan tombol keyboard CTRL+A yang kedua akan menyeleksi semua sel (worksheet) Excel.

Menyeleksi semual sel (worksheet) Excel dengan cepat

SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It