Mengenal kelas Container di program Java
Kelas Container Java

Kelas-kelas Java dapat dibagi menjadi tiga kelompok yaitu kelas-kelas wadah (container classes), kelas-kelas pembantu (helper classes) dan kelas-kelas komponen (component classes). Kelas-kelas yang termasuk ke dalam container classes digunakan sebagai wadah atau tempat untuk kelas-kelas komponen yaitu obyek dari kelas seperti JButton, JTexField, JComboBox, JList dan JTable.

Kelas Container termasuk ke dalam container classes. Kelas Container adalah Abstract Window Toolkit (AWT) container sebagai wadah atau tempat untuk obyek dari kelas-kelas grafis ketika Java pertama kali dirilis, seperti kelas Window, Panel, Frame, Dialog dan Applet. Untuk menyusun obyek atau komponen Java ke dalam wadah sesuai dengan posisi atau tata letak yang diinginkan, dapat digunakan layout manager. Berikut ini adalah hierarki turunan kelas Container:

Hierarki turunan kelas Container di Java

Dari hierarki di atas, kelas Container adalah turunan dari kelas Component. Kelas Container memiliki cukup banyak metoda selain juga metoda yang diwarisi dari superclass Component. Tabel berikut ini adalah beberapa metoda penting dari kelas Container:

Tabel Metoda Kelas Container

Metoda Keterangan
add(Component comp) Menambahkan sebuah komponen ke dalam wadah (container).
add(Component comp, int index) Menambahkan sebuah komponen ke dalam wadah dengan posisi yang telah ditentukan oleh parameter index.
paint(Graphics g) Menggambar di wadah (container).
paintComponent(Graphics g) Menggambar tiap-tiap komponen di wadah (container).
remove(Component comp) Menghilangkan komponen tertentu dari wadah (container).
remove(int index) Menghilangkan komponen yang ditentukan oleh index dari wadah (container).
removeAll() Menghilangkan semua komponen dari wadah (container).
setLayout(LayoutManager mgr) Menentukan tata letak (layout manager) dari wadah (container).
getLayout() Mengembalikan jenis tata letak (layout manager) yang digunakan oleh wadah (container).