Banner Mysql

Memahami Basis Data (Database), DBMS dan Program Aplikasi Di MySQL

Data merupakan aspek penting dalam proses pembentukan informasi. Data yang dihasilkan dari proses transaksi atau kegiatan perusahaan, perlu dicatat dan disimpan di suatu media penyimpanan khusus yang dapat dengan mudah dikelola. Media atau perangkat khusus sebagai tempat untuk menyimpan data adalah database (basis data) sedangkan interface (antar muka) yang digunakan sebagai penghubung ke basis data dan menyediakan fungsi pengelolaan disebut dengan program aplikasi (application program).

Sebuah program yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi (Java, Visual Basic, Delphi dan lainnya) tidak akan terlepas dari akses ke basis data. Cenderung, suatu program dibuat dan dikembangkan untuk mengelola data yang tersimpan di basis data. Dari data yang tersimpan tersebut, kemudian diproses untuk dihasilkan informasi. Informasi merupakan satu dari sekian banyak sumber daya yang penting bagi perusahaan. Sebuah informasi yang lengkap, jelas, akurat dan terkini akan berguna dalam proses pengambilan kebijakan atau keputusan.

Telah disinggung di atas bahwa media untuk menyimpan data adalah basis data. Basis data diartikan sebagai sekumpulan data yang disimpan dan diatur (diorganisasikan) sedemikian rupa sehingga dapat diambil atau dicari dengan mudah dan efisien. Anda tentu belum bisa membayangkan, bagaimana data dikelola di sebuah basis data. Perangkat lunak (software) yang bertugas untuk mengatur, menyimpan dan memodifikasi data disebut dengan DBMS (Database Management System). MySQL adalah DBMS dan bukan basis data. Basis data MySQL adalah basis data yang dikelola oleh MySQL.

Sistem manajemen basis data umumnya menyediakan interface grafis yang terbatas dan hanya bisa digunakan oleh programer profesional. Sistem manajemen basis data tidak cocok digunakan oleh pengguna awam yang tidak mempunyai pengetahuan khusus tentang basis data. Program aplikasi merupakan perangkat lunak yang digunakan sebagai media untuk menjembatani antara pengguna awam dengan basis data. Program aplikasi dibuat dan dikembangkan oleh programer dengan menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi. Umumnya, program aplikasi dibuat untuk keperluan khusus. Program aplikasi pengelolaan keuangan (Myob, Accurate), program aplikasi penjualan, program aplikasi untuk reservasi dan sebagainya tidak terlepas dari akses ke basis data.

DBMS menyediakan mekanisme bagaimana data dikelola di dalam basis data. DBMS merupakan interface yang langsung berhubungan dengan basis data. Program aplikasi adalah juga interface yang menempati lapisan di atas DBMS dan dapat dipergunakan oleh orang awam untuk memanipulasi data yang tersimpan di basis data. Berikut ini adalah skema atau bagan hubungan antara basis data, sistem manajemen basis data dan program aplikasi.

Memahami basis data (database), DBMS dan program aplikasi di MySQL

Baca juga artikel terkait lainnya:

Untuk memperbaiki mutu konten, Anda dapat berpartisipasi dengan cara melaporkan apabila menemukan kesalahan ketik, kata-kata rangkap, redaksi kurang pas (jelas), gambar pendukung tidak ada dan sebagainya melalui form Kontak Kami untuk mendapatkan perbaikan. Terima kasih atas kerjasamanya.

Hindro HindriantoHindro adalah pendiri sekaligus admin termasmedia.com dan topikit.com, blog online yang mengulas teknologi informasi. Dunia web mulai ditekuni tahun 2012 dengan mempelajari CMS Joomla dan Wordpress. Beberapa buku yang sekarang dipelajari antara lain PHP, HTML5, ASP.NET 4.5, JavaScript, CSS3, MySQL, Adobe Dreamweaver, Adobe Photoshop dan Adobe Flash.