Cara Mengulang Baris Judul Pada Tabel Microsoft Word Di Setiap Halaman

Selain di Microsoft Excel, Microsoft Word juga bisa menjadi alternatif untuk membuat tabel. Umumnya, data yang dimasukkan di tabel Microsoft Word tidak untuk diolah atau dimanipulasi lebih lanjut. Hal ini karena Microsoft Word sendiri tidak memiliki fitur pengolahan data sebagaimana yang ada pada Microsoft Excel.

Meskipun demikian, Microsoft Excel tetap menjadi pilihan untuk membuat tabel apapun, baik dengan data yang akan diolah lebih lanjut atau hanya sekedar data biasa. Hal ini karena membuat tabel di Microsoft Excel jauh lebih mudah. Microsoft Excel juga memiliki fitur untuk memformat tabel dan data yang lengkap, termasuk fitur AutoFormat untuk memformat tabel dan data dengan cepat.

Anda dapat membuat tabel di Microsoft Word dengan meletakkan tabel setelah konten teks. Jadi tabel menyatu dan menjadi bagian langsung dokumen Microsoft Word. Anda juga dapat membuat hanya tabel saja di dokumen Microsoft Word. Jadi dokumen Microsoft Word hanya berisi tabel saja yang nantinya sebagai lampiran dari dokumen lain.

Baca artikel Mengulang Judul Kolom Excel Agar Selalu Tercetak Di Setiap Halaman

Sebagaimana tabel pada umumnya, di baris pertama tabel adalah baris judul (header row) yang membantu mengidentifikasi data di setiap kolom. Tanpa baris judul, Anda tidak akan tahu data di setiap kolom mewakili informasi apa. Tabel dengan banyak data biasanya tidak cukup di satu halaman, tetapi akan berlanjut ke satu atau lebih halaman berikutnya.

Baris judul (header row) pada tabel hanya ada di baris pertama tabel. Jika tabel berlanjut ke halaman berikutnya, baris pertama tabel di halaman berikutnya berisi data lanjutan. Jadi baris judul tidak diulang di baris pertama tabel di halaman berikutnya. Jika Anda ingin baris judul ada di baris pertama tabel di halaman berikutnya, Anda dapat membuat secara manual.

Cara mengulang baris judul pada tabel Microsoft Word di setiap halaman

Jika Anda menyisipkan satu atau lebih baris baru di tabel, maka baris judul (header row) di halaman berikutnya akan bergeser ke bawah dan tidak menjadi yang pertama lagi. Bila demikian, Anda harus mengedit secara manual untuk meletakkan kembali baris judul dari tabel ke baris pertama. Bagaimana jika tabel berlanjut sampai ke banyak halaman? Anda tentu akan mengalami kesulitan mengedit.

Membuat baris judul berada di baris pertama tabel untuk halaman berikutnya secara manual bukan cara yang tepat. Microsoft Word sebenarnya memiliki fitur untuk mengulang baris judul (header row) di setiap halaman dokumen Microsoft Word. Baris judul (header row) akan ditambahkan otomatis bila tabel berlanjut ke halaman berikutnya. Berikut ini adalah caranya:

Seleksi atau sorot baris judul (header row) yang ingin diulang (1) di baris pertama dari tabel lanjutan di halaman berikutnya, klik kanan mouse di area yang diseleksi untuk menampilkan menu pintas (shortcut menus) dan kemudian klik Table Properties... (2).

Cara mengulang baris judul pada tabel Microsoft Word di setiap halaman

Di kotak dialog Table Properties yang muncul, Anda klik tab Row (1), beri tanda centang di kotak centang (check box) Repeat as header row at the top of each page (2) dan kemudian klik tombol OK (3).

Cara mengulang baris judul pada tabel Microsoft Word di setiap halaman

Alternatif lainnya yang lebih cepat adalah melalui tombol di ribbon. Setelah baris judul diseleksi atau disorot, akan muncul Table Tools (1) dengan dua tab yaitu Design dan Layout, klik tab Layout (2) dan kemudian klik tombol Repeat Header Rows (3).

Cara mengulang baris judul pada tabel Microsoft Word di setiap halaman

Baris judul (header row) akan ditambahkan secara otomatis di baris pertama dari tabel lanjutan di halaman-halaman berikutnya dari dokumen Microsoft Word.

Cara mengulang baris judul pada tabel Microsoft Word di setiap halaman
SUKAI DAN BAGIKAN ARTIKEL INI:
Pin It